Kwarda Aceh Matangkan Pelaksanaan MUNAS Gerakan Pramuka XI Tahun 2023

BANDA ACEH - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Aceh melakukan Rapat Pleno Panitia Pelaksana Musyawarah Nasional (MUNAS) Gerakan Pramuka ke XI tahun 2023 di Hotel Ayani Banda Aceh, Sabtu (07/10/2023). 

Rapat pleno yang dihadiri seluruh perangkat panitia pelaksana MUNAS Gerakan Pramuka tersebut, membahas persiapan awal masing-masing bidang guna menyukseskan musyawarah terbesar organisasi pendidikan kepanduan yang diselenggarakan 5 tahun sekali.

Dijadwalkan akan di buka oleh Presiden RI Joko Widodo selaku Ketua Majelis Bimbingan Nasional (KaMabinas) Gerakan Pramuka dan diikuti para Pimpinan Kwarda Gerakan Pramuka dari seluruh Provinsi se-Indonesia.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Aceh, Kak H Muzakir Manaf melalui Ketua Harian Kak Ir H Djufri Efendi M.Si menyebutkan bahwa sebagai panitia pelaksana MUNAS kali ini, pihaknya bersama jajaran terus melakukan persiapan menyambut delegasi dan Pimpinan Kwarda Gerakan Pramuka Se-Indonesia di Banda Aceh.

Jadwal pelaksanaan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka ke XI tahun 2023 akan berlangsung 1-4 Desember di Banda Aceh dijadwalkan pembukaan oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Rangkaian kegiatan akan dipusatkan gedung Balai Meuseuraya Aceh (BMA), dan sejumlah room-meeting hotel untuk agenda rapat komisi," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa acara pokok MUNAS nantinya peserta yang terdiri dari Pimpinan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka se- Indonesia akan memilih Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Priode 2023 - 2028.

"Di samping itu, juga akan dilaksanakan Musyawarah Pramuka Penegak Pandega Putri Putra (Musppanitra) Nasional yang merupakan forum tertinggi peserta didik Pramuka Golongan Penegak dan Pandega diikuti oleh Dewan Kerja Nasional (DKN) dan utusan Dewan Kerja Daerah (DKD) se-Indonesia, memilih ketua DKN Berikutnya" Jelas Kak Djufri

Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka sebelumnya telah mengeluarkan edaran nomor 0865-00-A tanggal 29 Agustus 2023 tentang usulan bakal calon Ketua Kwarnas (Ka.Kwarnas) Gerakan Pramuka periode 2023-2028.

Dalam surat tersebut diterangkan bahwa setiap Kwarda berhak mengirim usulan 1 nama bakal calon Ka.Kwarnas selambat-lambatnya 15 Oktober 2023 dan panitia akan umumkan daftar para calon paling lambat 1 bulan sebelum penyelengaraan MUNAS XI 2023.

Rapat pleno dihadiri oleh unsur pimpinan Kwarda Gerakan Pramuka Aceh dan 70 peserta rapat yang tergabung dalam panitia pelaksana kegiatan MUNAS ke XI tahun 2023 Aceh.

Pewarta : Zulfahmi

Post a Comment

Previous Post Next Post