Latihan Bareng Pramuka Centravia, Ajang Silaturahim dan Minimalisir Tawuran Antar Sekolah

JAKARTA -- Gugusdepan Dhanapala Jakarta Pusat 08.149 - 08.150 Pangkalan SMPN 76 Jakarta menjadi tuan rumah perdana acara Latihan Bareng Pramuka Centravia, Minggu, 28 Januari 2024,

Kegiatan yang diberi tajuk LatBar Centravia (Latihan Bareng Scout Central Batavia) ini merupakan inisiatif positif dari gugusdepan di Jakarta Pusat untuk memberikan kontribusi aktif dalam perkembangan Gerakan Pramuka.

Kak Asep, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Manajemen Kwarcab Jakarta Pusat, memberikan apresiasi atas inisiatif Gugusdepan Dhanapala bersama Gugusdepan di Jakarta Pusat lainnya.

“Latihan bareng ini bisa menjadi ajang silaturahmi, pertukaran pengalaman, serta berbagi pengetahuan tentang Teknik Kepramukaan dan manajemen. Sebagai media anti-tawuran di luar sekolah, kita dapat meminimalisir tawuran antar sekolah dengan saling mengenal satu sama lain.” ujarnya.

Gugusdepan Dhanapala Pangkalan SMPN 76 Jakarta memang terus berkomitmen untuk memberikan dampak positif bagi remaja di Jakarta Pusat. LatBar Centravia menjadi langkah nyata dalam menghindari kenakalan remaja dan sekaligus menjadi contoh positif bagi generasi muda di wilayah tersebut.

Acara ini diikuti oleh berbagai sekolah di Jakarta Pusat, antara lain SMPN 38, SMPN 8, SMPN 5, dan SMP Islam Al Ihsan. Total peserta mencapai 18 regu yang aktif terlibat dalam serangkaian kegiatan pramuka yang mendidik dan mempererat tali persaudaraan.

Pelaksanaan LatBar Centravia di Gugusdepan Dhanapala Pangkalan SMPN 76 Jakarta melibatkan serangkaian kegiatan seperti materi teknik kepramukaan, manajemen, serta berbagai bentuk kegiatan positif lainnya. Hal ini bertujuan untuk melibatkan peserta secara aktif dan memberikan pengalaman yang bermanfaat.

Dengan semangat silaturahmi dan pertukaran pengetahuan, pembina Gugusdepan Dhanapala Pangkalan SMPN 76 Jakarta Kak Felis Putra berharap LatBar Centravia menjadi tradisi yang berkelanjutan, diikuti oleh lebih banyak sekolah di Jakarta Pusat.

Dengan cara ini, diharapkan dapat terbentuk generasi muda yang lebih terampil, peduli lingkungan, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat melalui Gerakan Pramuka.

Kontributor : Yudha Adyaksa

Post a Comment

Previous Post Next Post