Ketua Kwarnas Berhentikan Dua Sekretaris Komisi

JAKARTA -- Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Kak Budi Waseso berhentikan dua Sekretaris Komisi melalui Surat Keputusan nomor 25 tahun 2023. Mereka adalah Kak Rapin Mudiarjo, Sekretaris Komisi Aset dan Usaha dan Kak Untung Widyanto, Sekretaris Komisi Kehumasan dan Informatika Kwarnas masa bakti 2018-2023.

Surat Keputusan tentang Pergantian Antar Waktu pengurus Kwarnas ini telah beredar hari ini, Kamis (02/03). Dalam surat disebutkan, selain dua sekretaris komisi, ada juga Andalan Nasional Komisi Kerjasama Luar Negeri, yaitu Kak Roberto Pramudya Sidauruk.

Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso menandatangani surat ini pada 27 Februari 2023 dan surat ini menyebar pada Kamis, 2 Maret 2023 dengan tembusan kepada seluruh pimpinan kwarnas, ketua kwarda, serta yang bersangkutan.

Selain memberhentikan tiga Andalan Nasional, dalam surat tersebut juga menetapkan dua orang andalan dengan posisi baru, yaitu Kak Widhya Sukma menjadi Sekretaris Komisi Kehumasan dan Informatika yang sebelumnya sudah menjadi andalan nasional di komisi yang sama.

Kemudian menggantikan Kak Rapin Mudiarjo, ada satu nama baru yang ditetapkan melalui surat keputusan ini sebagai Sekretaris Komisi Aset dan Usaha, yaitu Kak Budi Ruseno.

Meski tidak saling berkaitan dengan adanya pengurus yang mundur beberapa hari lalu, yaitu Kak Yudha Adyaksa dari jabatannya sebagai Kepala Pusat Informasi (Pusinfo) dan juga Andalan Nasional Komisi Pembinaan Anggota Muda, namun hal ini menjadi satu hal yang mungkin tidak wajar di masa bakti yang segera berakhir ini.

Hingga berita ini dipublikasikan, redaksi belum bisa mendapatkan informasi dari pihak-pihak yang diberhentikan. Namun menurut informasi dari beberapa sumber, pergantian antar waktu di masa-masa menjelang akhir kepengurusan ini adalah hal yang bukan menjadi prioritas bagi Kwarnas Gerakan Pramuka, kecuali ada pelanggaran yang serius. (rrs)/foto : Kwarnas

Post a Comment

Previous Post Next Post