Kwarda DIY Selenggarakan Pitaran Pelatih Tahun 2022, Ulas Metode dan Model Penyelenggaraan Diklat Gerakan Pramuka

SLEMAN -- Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) menyelenggarakan Pitaran Pelatih Tingkat Daerah tahun 2022 diikuti oleh puluhan peserta, Sabtu (29/10/2022).

Kegiatan pertemuan anggota dewasa untuk pelatih pembina pramuka dengan tuan rumah Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Sleman tersebut dilaksanakan di Java Village Resort, Jl. Griya Taman Asri, Karang Kepuh, Pandowoharjo, Sleman.

Sedikitnya ada 58 peserta yang ikut dalam Pitaran Pelatih tingkat Daerah Kwarda DIY tahun 2022 ini, yang terdiri atas 10 perwakilan dari masing-masing Kwarcab dan 8 orang dari perwakilan Kwarda DIY.

Diawali dengan Senam Pramuka Istimewa yang baru diluncurkan pada peringatan Hari Pramuka ke-61, Agustus 2022 lalu, kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kak Suraji Widarta, S.Pd. Wakil Ketua Kwarda DIY Bidang Pembinaan Anggota Dewasa (Binawasa).

Dalam sambutannya, Kak Suraji menekankan bahwa kegiatan ini sebagai media untuk meningkatkan kompetensi. Selain itu, Pelatih sebagai sumber ilmu bagi para pembina pramuka, harus mempunyai metode yang terbaru sehingga dapat diterima dan digunakan bagi para pembina untuk melaksanaan pembinaan.

Sementara itu Ketua Kwarcab Sleman yang dalam hal ini diwakili Sekretaris, Kak Murdiwiyono menegaskan pula bahwa Pitaran Pelatih dilaksanakan guna memperkuat persaudaraan dan keharmonisan semua pelatih, khususnya di wilayah Kwarda DIY.

Pitaran Pelatih tingkat Daerah Kwarda DIY tahun 2022 diisi dengan diskusi mengulas materi terkait metode dan model dalam penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan bagi anggota gerakan pramuka, khususnya pada pramuka perguruan tinggi. (rls)

Post a Comment

Previous Post Next Post