Ratusan Tukik Dilepas di Pantai Pelangi

PRAMUKANEWS.COM -- Ratusan tukik dilepas di Pantai Pelangi, Kretek, Bantul dalam agenda Festival Penyu Pesisir yang digelar oleh Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY), Minggu (17/07/2022).

Sedikitnya ada sekitar 200 tukik yang dilepaskan sehingga populasinya bisa terkontrol kembali di ekosistem air laut. Kegiatan ini menjadi satu rangkaian festival yang terdiri atas beberapa agenda seperti pameran, memasak, edukasi kebaharian, dan lain-lain.

Agenda yang didukung penuh oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY tersebut dihadiri oleh anggota Saka Bahari perwakilan dari kwartir cabang se-DIY, pimpinan Kwarda DIY, para pejabat dinas, tokoh masyarakat, serta unsur terkait lainnya.

Nampak terlihat Kak GKR Mangkubumi, Ketua Kwarda DIY yang hadir sekaligus memberikan sambutan dalam Festival Penyu Pesisir ini. Dalam keterangan yang disampaikan, pihaknya berterimakasih kepada pihak penyelenggara, karena dengan kegiatan ini bisa melestarikan keberadaan penyu di laut Yogyakarta khususnya.

Kak GKR Mangkubumi juga menghimbau agar pramuka menjadi salah satu komponen yang terus memperhatikan hal ini. Termasuk pula tidak membuang sampah sembarangan, agar penyu-penyu yang ada di laut Yogyakarta dapat hidup dengan aman dan nyaman.

Keberadaan penyu telah lama terancam baik di alam maupun dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia. Penyu diketahui sebagai sebagai pengontrol populasi padang lamun yang rimbun; pengontrol populasi spons, sehingga dapat menjaga kesehatan terumbu karang; serta pengontrol populasi ubur-ubur, sehingga akan meningkatkan jumlah ikan di perairan. (red */foto : PusbangJusinfo Kwarda DIY)

Post a Comment

Previous Post Next Post