Duta Pramuka Indonesia, Ajang Pemilihan Bergengsi dan Spektakuler

Pemilihan Duta Pramuka Indonesia bagi anggota pramuka yang sering berselancar di dunia maya mungkin bukan lagi sesuatu yang baru. Ajang yang digelar mulai 2021 ini menjadi magnit tersendiri bagi anggota pramuka tingkat penggalang, penegak, serta pandega di seluruh Indonesia.

Sabtu (19/02/2022) malam, 10 anggota pramuka dari berbagai daerah, 5 putra dan 5 putri dinobatkan menjadi Duta Pramuka Indonesia dengan 5 kategori, yaitu Duta Pramuka Indonesia Persabatan, Duta Pramuka Indonesia Berbakat, Duta Pramuka Indonesia Cerdas, Duta Pramuka Indonesia Favorit, Duta Pramuka Indonesia Putra, dan Duta Pramuka Indonesia Putri.

Layaknya ajang pemilihan Duta pada umumnya, kegiatan ini juga menerapkan seleksi yang sangat ketat. Setidaknya ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh para calon Duta Pramuka Indonesia. Mulai dari pendaftaran, seleksi administasi, seleksi tahap 1, dan seleksi tahap 2.

Dilansir akun instagram @catatanpramuka, penyelenggara Pemilihan Duta Pramuka Indonesia, jumlah anggota pramuka yang mengikuti ajang pemilihan di tahun 2022 ini sebanyak 383 pendaftar dari seluruh daerah di Indonesia, baik tingkat penggalang, penegak, maupun pandega. Ratusan peserta ini langsung mengikuti seleksi administasi.

Usai lolos administrasi, peserta harus melewati seleksi tahap 1 yang terdiri dari seleksi kepramukaan, psikotes, minat dan bakat, wawancara awal, pengumpulan foto dan video profil. Tahap satu ini menyisakan 153 peserta Calon Duta Pramuka Indonesia, 64 putra dan 89 putri.

153 Calon Duta Pramuka Indonesia bukan hanya mengikuti tahapan seleksi saja. Namun mereka juga mendapatkan pembekalan dari kakak-kakak yang ahli dalam bidangnya, baik dari mereka yang aktif di jajaran Kwartir maupun dari profesional.

Pembekalan yang diberikan antara lain Desain Grafis, Menulis, Pubic Speaking, Time Management and Goal Setting, Pola pikir remaja, serta Manajemen Kegiatan dan Kolaborasi. Pembekalan ini dilakukan secara virtual berkala, sesuai jadwal yang ditentukan panitia.

Para finalis kemudian mengikuti seleksi tahap 2 yang terdiri dari Focus Group Discussion serta Wawancara akhir dan komitmen. Kemudian menuju malam Grand Final sebagai penentuan Duta Pramuka Indonesia yang memilih 5 terbaik dari finalis putra dan putri, dilanjutkan 3 terbaik, serta pengumuman pemenang.

Disebutkan oleh panitia bahwa 5 terbaik merupakan 4 finalis dengan nilai tertinggi dan 1 finalis dengan vote terbanyak. Sementara 3 terbaik adalah 3 finalis yang mendapatkan nilai tertinggi dari para juri.

Dalam Malam Grand Final Pemilihan Duta Pramuka Indonesia tahun 2022 yaitu, Johanes Dio Kristandhi dari Kwartir Daerah (Kwarda Jawa Tengah) sebagai Duta Pramuka Indonesia Cerdas Putra, Iftitahul Ilma Nafi'a dari Kwarda Jawa Timur sebagai Duta Pramuka Indonesia Cerdas Putri.

Duta Pramuka Indoneia Berbakat Putra diraih oleh Asep Mulyana, Duta Pramuka Indonesia Berbakat Putri disandang oleh Kadek Ari Shinta Putri Widarani dari Kwarda Bali. Dinobatkan sebagai Duta Pramuka Indonesia Persahabatanb Putra adalah Galih Ridho Prasetio dari Kwarda Daerah Istimewa Yogyakarta, Duta Pramuka Indonesia Persahabatan Putri yaitu Shalfa Adisty dari Kwarda Sumatera Barat.

Duta Pramuka Indonesia Favorit Putra diraih oleh Benny Jiwa Saputra dari Kwarda Jawa Timur, Duta Pramuka Indonesia Favorit Putri diraih oleh Nuraisyah Putri dari Kwarda Bengkulu. Pemenang Utama Duta Pramuka Indonesia Putra diraih oleh Agung Nugraha dari Kwarda Banten, sedangkan Pemenang Utama Duta Pramuka Indonesia Putri diraih oleh Diah Pitaloka dari Kwarda Kalimantan Timur.

(*/pan)

Post a Comment

Previous Post Next Post