Puluhan Pramuka Ikuti Pelatihan OpenStreetMap

BOGOR -- Puluhan Pramuka diberi pelatihan OpenStreetMap yang merupakan kegiatan kerjasama antara Komisi Pengabdian Masyarakat (Abdimas) Kwartir Nasional dengan Open Mapping Hub Asia-Pasific. Pelatihan dibuka Senin, 28 Februari 2022 di Aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bogor dan akan berlangsung secara bertahap hingga April 2022 mendatang.

Sedikitnya 30 peserta terlibat dalam pelatihan dengan tajuk OpenStreetMap 101 bagi Anggota Pramuka yang menghadirkan narasumber dari perwakilan Open Mapping Hub Asia-Pasific Kak Harry Mahardika Machmud dan kak Asmoro Hadiyanto. Selain itu juga melibatkan perwakilan dari Perkumpulan OpenStreetMap Indonesia (POI).

Secara berkelanjutan, puluhan pramuka peserta pelatihan tersebut akan mendapatkan berbagai materi yang nantinya diharapkan dapat bermanfaat dan membantu khususnya dalam kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana sebagai salah satu pembidangan di Komisi Abdimas Kwarnas.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Andalan Komisi Abdimas, Kak Fachrudi Fahim. Dalam sambutannya pihaknya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan pilot project, karena menjadi kegiatan pertama yang dilakukan oleh Open Mapping Hub bersama Gerakan Pramuka, di mana diharapkan hal ini dapat ditiru pula oleh organisasi kepramukaan lain di kawasan Asia Pacific.

Seperti dilansir laman resmi Abdimas Kwarnas, peserta diberikan kesempatan untuk berkontribusi secara langsung dalam memberikan data dan informasi untuk kepentingan pemetaan di Indonesia khususnya yang nantinya akan terus dapat dikembangkan, sehingga bermanfaat pula untuk banyak keperluan.

"Data dan informasi tersebut antara lai dapat bermanfaat untuk pengurangan risiko bencana, tanggap bencana, kesehatan masyarakat, isu lingkungan, kesetaraan gender, pengentasan kemiskinan, bahkan kota berkelanjutan, yang keseluruhannya berkaitan erat dengan Program Sustainable Development Goals (SDGs) yang juga dicanangkan oleh Word Organisation Scout Movement (WOSM) sebagai induk organisasi kita pada skala dunia," ujar Kak Fachrudi.

Pihaknya juga menyampaikan pesan dari Ketua Komisi Abdimas Kwarnas, Kak GKR Mangkubumi kepada para peserta bahwasanya diharapkan agar pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi berbagai pihak dan Kwartir Nasional bisa mengoptimalkan data-data yang akan dikembangkan. (pan)

foto : dok. kwarnas

Post a Comment

Previous Post Next Post