Kwarnas Selenggarakan Pelatihan Lingkungan Hidup

PramukaNEWS -- Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam hal ini Komisi Pengabdian Masyarakat (Abdimas) menyelenggarakan Pelatihan Lingkungan Hidup Tingkat Nasional tahun 2021 selama tiga hari mulai Senin (18/10/2021).

Wakil Ketua Kwartir Nasional/Ketua Komisi Abdimas Kwarnas Kak GKR Mangkubumi secara resmi membuka pelatihan dengan ratusan peserta yang berasal dari perutusan Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang se-Indonesia.

Pelatihan ini bertujuan memberikan bekal kemampuan untuk menjadi fasilitator Pramuka Peduli – Pelestarian Lingkungan Hidup (PP-PLH) yang handal. Kemudian memberikan kualifikasi dasar mengelola PP-PLH dalam kegiatan kepramukaan di pangkalan Gudep. Juga ,embekali ketrampilan dan kecakapan yang dapat diberikan kepada peserta didik untuk membentuk Gudep Ramah Lingkungan.

Adapun materi yang diberikan kepada para peserta antara lain SK Kwrnas No. 106 Tahun 2017 tentang Panduan Program Gudep Ramah Lingkungan dan SK Kwarnas Nomor 107 tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pramuka Peduli Pelestarian Lingkungan Hidup, Impelemantasi Gugus depan Ramah Lingkungan, Sampah dan Energi, Konservasi Tanah dan Air, Pangan dan Biodiversity, materi Teknik Fasilitasi dan Advokasi Program, serta materi Teknik Penyusunan Rencana Tindak Lanjut, dengan total jam pelajaran sebanyak 19 jam.

Narasumber yang dilibatkan dalam kegiatan pelatihan ini antara lain Kak Bayu Tresna (Komisi Abdimas Kwarnas); Kak Amanda Katili, Kak Fefi Eka, dan Kak Ari Wijanarko dari The Climate Reality Project Indonesia; serta Kak Darojat Ali dan Kak Heri Arma dari unsur pramuka juga.

Post a Comment

Previous Post Next Post