Kwarda DIY Mengenang 54 Tahun Jambore Dunia Idaho

PramukaNEWS -- Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) selenggarakan webinar khusus dalam rangka mengenang 54 tahun pelaksanaan Jambore Dunia XII di Idaho, Amerika Serikat, Sabtu (31/07/2021).

Acara ini menghadirkan narasumber dua orang peserta Jambore Dunia Idaho, Kak Loeke Hilman Bachroem dan Kak Prijo Mustiko. Diketahui saat ini masih ada 4 purna Jambore Dunia XII Idaho yang masih membersamai kita, yaitu Kak Loeke, Kak Prijo, Kak Mailan Djamil, dan Kak Rizki Kamil. Sementara untuk 4 lainnya, yaitu Kak Bondan Winarno, Kak Mohammad Basuki, Kak Bambang Ruseno, dan Kak Mohammad Affandi sudah terlebih dahulu menghadap sang pencipta.

Selain itu, Kwarda DIY melalui Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi turut mengundang Founder Indonesia Scout Journalist Kak Djoko Adi Waluyo dan purna pembina pendamping Jambore Dunia sekaligus pengoleksi benda-benda filateli Kak Sudjono dalam Webinar bertajuk Memorabilia 54 Tahun Jambore Dunia Idaho dan Menyongsong 60 Tahun Gerakan Pramuka.

Sebagaimana disampaikan oleh panitia penyelenggara, peserta yang mendafarkan diri dalam kegiatan ini sebanyak 350 orang yang berasal dari seluruh Kwartir Daerah di Indonesia. Bahkan menurut catatan, ada 1 pendaftar dari luar negeri. Sementara yang mengisi presensi dan mendapatkan E-Piagam sebanyak 267 peserta.

Kegiatan diisi dengan paparan kenangan para peserta Jambore Dunia XII Idaho dilengkapi dengan beberapa koleksi yang masih dipunyai dan terawat hingga saat ini. Ada seragam pramuka saat Jambore, seragam batik saat jambore, serta pernak-pernik lainnya.

Secara khusus, Kwarda DIY memberikan ruang tersendiri bagi Memorabilia Pramuka. Dalam kesempatan ini juga diluncurkan media informasi yang mewadahi memorabilia pramuka yaitu memorabilia.pramukadiy.or.id

Di penghujung acara, webinar nasional ini ditutup dengan mengheningkan cipta sejenak, mendoakan para purna Jambore Dunia XII Idaho yang telah mendahului kita semua kembali kepada sang pencipta. (sty)

Post a Comment

Previous Post Next Post