Pramuka Lombok Tengah Respon Cepat Tangani Banjir

PRAYA - Hujan deras yang mengguyur wilayah selatan Kabupaten Lombok Tengah, NTB sejak Sabtu (30/1/2021) pagi hingga malam membuat sejumlah kawasan di Kecamatan Pujut khususnya terendam banjir.

Banjir setinggi kurang lebih 1 meter itu membuat beberapa Dusun di tiga Desa menjadi terendam. Banjir terparah terjadi di dusun rangkap satu dan rangkap dua Desa Kuta Kecamatan Pujut. Selain itu banjir juga terjadi di Dusun Mengalung Desa Sukadana dan juga Sereneng Desa Mertak, terang Andalan Cabang Urusan Saka Kwarcab Lombok Tengah, Kak Totok dalam pesan singkat WhatsApp Minggu (31/1/2021) malam.

Kak Totok yang juga Ketua Satgas Covid-19 Pramuka Peduli Kwarcab Gerakan Pramuka Lombok Tengah menyampaikan bahwa akibat bencana banjir itu puluhan kepala keluarga mengungsi dan sebagian lagi bertahan dirumah namun tidur di Alang alang atau Gazebo (Berugak). Kondisi banjir juga terjadi di 5 Dusun di Desa Kabul Kecamatan Praya Barat Daya, yg sangat terdampak adalah rumah penduduk di pinggir sungai yg mengarah ke Bendungan Pengga

Merespon bencana banjir tersebut, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Lombok Tengah, H. Sumum, S. Pd, SH, M. Pd. langsung menerunkan Tim Pramuka yang tergabung dalam Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Lombok Tengah pada Minggu (31/1/2021) untuk melakukan assesment/pendataan kondisi masyarakat yang terdampak banjir sekaligus menyalurkan bantuan, ujar Kak Totok.

Rencananya mulai Senin (1/2/2021) Tim Pramuka Peduli Kwarcab Lombok Tengah akan melakukan pembersihan rumah warga yang terdampak banjir, termasuk membersihkan fasilitas umum seperti pasar, kantor desa serta fasilitas pendidikan ( SD, SMP SATAP, dan Madrsah Negeri dan Swasta).

"Sementara hasil dari assesment menyebutkan bahwa secara umum kebutuhan yang mendesak berupa makanan siap santap, pakaian, dan perlengkapan lainnya", pungkas Totok.

__
Penulis : Saiko Damai
Foto : Dok Humas Kwarcab Lombok Tengah

Post a Comment

Previous Post Next Post