Purna Jambore Dunia Disarankan Bergabung dengan Gugus Darma

JAKARTA -- Purna Kontingen Jambore Dunia dari Indonesia menyelenggarakan Temu Kangen Online yang digelar melalui aplikasi Zoom yang diikuti oleh 80an lebih peserta dari mulai kontingen Jambore Dunia 1967 sampai dengan 2019, Sabtu (30/01/2021).

Temu Kangen tersebut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka/Ketua Komisi Organisasi dan Hukum (Orgakum) Kak Chairul Huda, disertai pula oleh Kak Ahmad Rusdi, Ketua Komite Asia Pasific (APR) yang juga Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka/Ketua Komisi Kerja Sama Luar Negeri.

Dalam sambutan pembukaannya, Kak Chairul menyarankan agar purna kontingan Jambore Dunia bisa bergabung dengan Gugus Darma di mana mereka saat ini berdomisili agar bisa terus mengabdikan diri dan memberikan kontribusi kepada Gerakan Pramuka.

"Temu kangen ini diharapkan tidak hanya sekedar ajang bertemu saja, namun juga bisa menjadi wadah untuk membantu Kwartir Nasional dalam ide dan gagasan menciptakan kegiatan menarik," ujarnya.

Disampaikan pula oleh salah satu penggagas Temu Kangen Online, Kak Prijo Mustiko, bahwa tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah bisa memberikan kenangan untuk generasi penerus dalam bentuk buku atau membuat forum silaturahmi persaudaraan bakti.

Dalam kesempatan yang baik tersebut Kak Prijo juga mengusulkan bahwasanya sudah waktunya Indonesia harus berani mencalonkan diri sebagai tuan rumah Jambore Dunia di masa mendatang.

Agenda temu kangen diisi dengan sambutan dari perwakilan kontingen-kontingen serta diskusi terkait perkembangan kepramukaan saat ini serta menyikapi adanya pandemi COVID-19 dan bersiap untuk menjadi duta perubahan perilaku.

Post a Comment

Previous Post Next Post