Kwarcab dan DKC se-DIY Belajar Teknik Menulis Berita

YOGAKARTA — Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta (Kwarda DIY) melalui Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi (PusbangJusinfo) Bimbingan Teknis Jurnalistik sesi kedua, Sabtu (6/02/2021).

Dalam sesi kedua tersebut, narasumber Kak Yogie Krisnawangi Saifullah, S.AB, Koordinator Pengembangan Jurnalistik PusbangJusinfo membawakan materi tentang Teknik Menulis Berita.

Setelah disampaikan dasar-dasar jurnalistik pada sesi sebelumnya, beberapa paparan terkait teknik menulis berita disampaikan oleh Kak Yogie dilanjutkan dengan tips cara menulis berita dengan cepat.

Bebrapa contoh berita kegiatan dicontohkan dengan rinci oleh Kak Yogie kepada 17 peserta yang berasal dari perwakilan Kwartir Cabang dan Dewan Kerja Cabang se-DIY.

"Minimal bisa dimunculkan tiga berita, yaitu pra kegiatan, saat kegiatan, dan pasca kegiatan," terang Kak Yogie.

Lebih lanjut sebagai gambaran bagi para peserta, Kak Yogie memberikan contoh-contoh dari pewartaan kegiatan pramuka dari website pramukadiy.or.id agar mudah dimengerti dan bisa segera diiemplentasikan.

Ketua PusbangJusinfo, Kak Choiri Setiawan, S.T. berharap bimtek ini sebagai awalan untuk bisa menjalin komunikasi efektif terkait pewartaan dengan tim di Kwarcab, sehingga tercipta pewarta pramuka istimewa.

Dalam kesempatan tersebut, Kak Choiri juga memaparkan materi khusus pengelolaan website kwarcab sebagai media informasi resmi yang difasilitasi dari domain utama website Kwarda DIY.

Kegiatan bimtek ditutup oleh Kak GKR Hayu selalu Wakil Ketua Kwarda DIY Bidang Humas, Teknologi, dan Kerjasama. Ia berpesan bahwa bimtek ini merupakan awalan yang baik dan bisa terus dilanjutkan dengan lebih banyak lagi membuat berita-berita kegiatan pramuka di DIY.

Post a Comment

Previous Post Next Post