Buka PWN-PTK XVI di Gorontalo, Menteri Agama : Tema yang Diusung Butuh Pembuktian dari Seluruh Insan Pramuka

GORONTALO -- Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Agama Islam Keagamaan (PWN-PTK) XVI tahun 2023 Gorontalo dibuka secara resmi oleh Menteri agama KH. Yaqut Cholil Qoumas di lapangan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Gorontalo, Senin (22/5/2023). Kegiatan akan berlangsung hingga 27 Mei 2023 mendatang.

Sedikitnya, lebih dari 1.000 peserta yang berasal dari 68 Perguruan Tinggi Islam se-Indonesia turut berpartisipasi dalam kegiatan yang mengusung tema “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama” ini.

Dalam sambutannya, Menteri Yaqut Cholil menyebut bahwa tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah tema yang menantang serta membutuhkan pembuktian dari segenap insan pramuka.

"Hal ini sejalan dengan tiga sifat kepanduan, yang bersifat nasional, internasional, dan universal," ujarnya seperti dikutip website resmi Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Munurutnya, organisasi kepanduan ini dapat digunakan di mana saja, tanpa memandang ras, suku atau agama, dan saat ini sudah saatnya organisasi ini menyesuaikan diri dalam gerak perubahan.

"Sehingga, diharapkan melalui momentum perkemahan ini dapat tercipta gerakan yang adaptif, inovatif dan kreatif,” tegasnya.

PWN PTK XVI tahun 2023 ini diisi dengan berragam giat, seperti kegiatan umum, kegiatan bakti fisik, dan kegiatan bakti non-fisik. Serta akan ada kegiatan pengembangan wawasan dan keterampilan juga malam pentas seni budaya nusantara.

Nampak hadir Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya yang baru saja dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo, Ketua Kwartir Nasional Budi Waseso, serta jajaran pimpinan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Gorontalo.

**

Post a Comment

Previous Post Next Post