Akhir November, Ketua Kwarnas Ajak Seluruh Ketua Kwarda Koordinasi di Cibubur

JAKARTA -- Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengajak seluruh Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) dan Sekretaris Kwarda berkumpul di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW) Cibubur pada 25 sampai 25 November 2022 mendatang.

Pertemuan tersebut akan diisi dengan Rapat Koordinasi khusus di akhir tahun 2022 dengan salah satu agendanya adalah pembahasan Rencana Strategis Gerakan Pramuka.

Selain itu, dalam kesempatan ini, akan dibahas berbagai isu terkini yang menjadi tantangan Gerakan Pramuka dalam menghadapi perkembangan zaman. Gerakan Pramuka dituntut terus melakukan inovasi-inovasi baru pada bidang organisasi, program kegiatan peserta didik, dan manajemen pengelolaan aset yang dimiliki Gerakan Pramuka. Kwarnas ingin meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan Kwarda.

Disebutkan bahwa Rapat Koordinasi yang digelar tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, sebagai langkah pengendalian organisasi guna mendapatkan rekomendasi dan kesepakatan yang diperlukan.

Disebutkan oleh Kwarnas melalui laman pramuka.id, pokok pembahasan yang akan dibahas dalam forum Rapat Koordinasi Pimpinan Kwarnas dengan Kwarda tersebut antara lain tentang Perubahan UU No. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka; Pengamanan dan Pengelolaan Aset Gerakan Pramuka.

"Masing-masing Kwarda diharapkan membawa data aset yang dimiliki kwarda," sebut Kwarnas.

Kemudian terkait dengan Sistem Perencanaan, Pemrograman, dan Pengembangan Gerakan Pramuka; Strategi Pemanfaatan Teknologi, Informasi dan Digitalisasi Gerakan Pramuka; Sistem Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka; serta Manajemen Organisasi Gerakan Pramuka.

Secara rinci, pembahasan materi Perubahan UU 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka akan disampaikan oleh Kak Dr. Sigit Muryono, M.Pd.Kons selaku Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Organisasi dan Hukum. Materi Pengamanan dan Pengelolaan Asset Gerakan Pramuka disampaikan oleh Kak Yulius, S.T selaku Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Aset dan Usaha.

Kemudian Kak Prof. Dr. Sri Puryono, KS, MP selaku Wakil Ketua Kwarnas/Kertua Komisi Perencanaan dan Pengembangan akan memaparkan materi Sistem Perencanaan, Pemrograman, dan Pengembangan Gerakan Pramuka.

Pengantar Strategi Pemanfaatan Teknologi, Informasi dan Digitalisasi Gerakan Pramuka akan disampaikan oleh Kak Berthold DH Sinaulan, Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Kehumasan dan Informatika dan diuraikan secara rinci oleh Kak Yudha Adyaksa, Kepala Pusat Informasi Kwarnas.

Sementara untuk materi Sistem Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka akan disampaikan oleh Kak Dr. Joko Mursitho, M.Si. selaku Wakil Ketua Kwarnas/Ketua Komisi Pembinaan Anggota Dewasa didampingi oleh Kak Yana Supiatna, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka tingkat Nasional.

Post a Comment

Previous Post Next Post