You are here
Home > Berita Cabang > Pramuka Banyumas Dirikan Posko Pencegahan Penyebaran Covid-19

Pramuka Banyumas Dirikan Posko Pencegahan Penyebaran Covid-19

PRAMUKANEWS.COM | Banyumas : Pramuka Banyumas Dirikan Posko Pencegahan Penyebaran Covid-19

Setelah bergabung dalam posko pencegahan penyebaran Covid-19 dengan relawan dan instansi lain, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas mendirikan Posko Pencegahan Penyebaran Covid-19 secara mandiri. Posko yang bermarkas di Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas itu diresmikan oleh Ketua Kwarcab Achmad Supartono, Minggu (10/05/2020).
Posko tersebut sebagai langkah antisipasi, semakin meningkatnya orang yang mengikuti karantina di Gelora Satria Purwokerto. Berbagai Unit di Kwarcab Banyumas dibawah Koordinasi Pramuka Peduli, sudah menyatakan kesanggupan untuk berjaga Posko.
Apel kesiapan diikuti oleh pimpinan dan perwakilan unit seperti Pramuka Peduli, Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka), Satuan Pramuka Bayangkara dan unsur lainnya.
Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan Pramuka memang harus bisa memprediksi segala kemungkinan yang terjadi. Selama ini Pramuka setiap lebaran pasti membuat Posko Karya Bakti Lebaran dibeberapa titik. Namun karena kebijakan larangan mudik, selama hampir dua pekan, Pramuka Peduli Banyumas, fokus dalam membantu di empat Posko Perbatasan.
“Namun setiap menjelang dan pasca lebaran ada kemungkinan masyarakat yang membutuhkan bantuan,” katanya.
Juga tidak menutup kemungkinan tenaga Pramuka akan ikut membantu warga mungkin nanti akan ada Pos Karya Bakti Lebaran yang melibatkan Kwarran. Dengan dibukanya Posko ini, akan memudahkan koordinasi, meski konsentrasi masih pada Posko Perbatasan dan kemungkinan membantu di Dapur Umum Karantina GOR Satria.
“Karena kondisi saat ini sangat berbeda, saya minta semua yang bertugas menaati protokol kesehatan,” katanya
Sementara itu, andalan Cabang Urusan Pramuka Peduli Heriana Ady Chandra mengatakan dengan telah dibukanya Posko, perwakilan unit sudah mulai bertugas di posko yang ada di Kwarcab
“Pramuka yang bertugas dalam posko di Kwarcab, apabila dalam keadaan tertentu nantinya dapat mengerahkan anggota lainnya, untuk diterjunkan ke berbagai tempat, misalnya posko perbatasan, dapur umum, membantu pengaturan lalu lintas, penyeberangan pasar tradisional, pemantauan arus mudik, pelayanan kesehatan, ikut membantu dan memberi pelayana yang dikarantina di Gelora GOR Satria,” kata Adi
Adi berharap agar para pimpinan unit bisa memberikan pembekalan kepada anggotanya secara darling. Agar mereka yang bertugas nantinya, dapat mengutamakan keselamatan dan protokol kesehatan di lapangan.
“Karena kegiatan dilaksanakan di bulan puasa, sehingga darma bakti mereka melalui Pramuka tidak hanya melakukan kegiatan tapi mendapatkan pahala dan berkah Ramadhan,” katanya.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top