You are here
Home > Berita Cabang > DEWAN AMBALAN GATOT SUBROTO – CUT NYAK DIEN GELAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON BANTARA

DEWAN AMBALAN GATOT SUBROTO – CUT NYAK DIEN GELAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CALON BANTARA

PRAMUKANEWS | Ajibarang – JJwa Tengah. Gerakan Pramuka Dewan Ambalan Gatot Subroto – Cut Nyak melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Calon Bantara (DIKLAT CABA) yang diselenggarakan pada Sabtu s.d Minggu, 1 – 2 Februari 2020 di Pangkalan SMA Negeri 1 Ajibarang. Kegiatan ini diikuti oleh calon dewan ambalan sebanyak 47 orang dan dewan ambalan sebanyak 42 orang sebagai panitia. Pendidikan dan Pelatihan Calon Bantara merupakan kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh Dewan Ambalan Gatot Subroto – Cut Nyak Dien yang bertujuan untuk memberikan arahan dan pemantapan kepada peserta didik yaitu calon dewan ambalan yang nantinya akan dilantik menjadi pramuka penegak bantara.

Kegiatan Dibuka oleh Kak Mustari S.Pd. selaku Ka Gudep SMA Negeri 1 Ajibarang pada sore hari. Kak Mustari menyampaikan pesan kepada adik-adik calon dewan ambalan agar mengikuti kegiatan Diklat Caba dengan sebaik mungkin dan dapat mengambil ilmu yang diberikan oleh dewan ambalan serta bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan ODMG (Out Door Management Game) yaitu permainan yang dilaksanakan di lapangan terbuka, ada 3 jenis permainan yaitu Futsal, Go Back To Door dan Joged Kursi.

Upacara Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Calon Bantara Ambalan Gatot Subroto – Cut Nyak Dien

Dimalam harinya para peserta diberi materi oleh Kak Mustari yaitu tentang Sistem Administrasi Satuan. Pada pematerian tersebut Kak Mustari menjelaskan bahwa di setiap gugus depan haruslah aktif mengikuti sebuah kegiatan baik kegiatan didalam dan kegiatan diluar serta bisa melanjutkan kegiatan administrasi yang sudah dilaksanakan. Kegiatan dilanjutkan dengan pematerian oleh Dewan Ambalan Angkatan 25 yaitu The Jungle Story, pada kegiatan ini ada 3 pos pematerian yaitu Pos Kebantaraan yang disampaikan oleh Kak Gilang Ashar Aldiansyah selaku Pemangku Adat Gatot Subroto, Pos Bidang Kegiatan yang disampaikan oleh Kak Vivi Viana dan Kak Sefanda Rizki Dika Pratama selaku Bidang Giatpram serta Pos Problem Solving oleh seluruh anggota dewan ambalan.Wildan Subekti_19042

 

Editor : Feriadi Siregar

Top