You are here
Home > Berita Daerah > KWARDA SUMATERA BARAT GELAR APEL DEKLARASI MENOLAK KENAKALAN REMAJA

KWARDA SUMATERA BARAT GELAR APEL DEKLARASI MENOLAK KENAKALAN REMAJA

PRAMUKANEWS | Kwarda 03 Sumatera Barat menyelenggarakan deklarasi dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol Padang, Selasa (10/12/2019). Dengan peserta upacara merupakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Se Kwarcab Kota Padang dan beberapa perwakilan Kwarcab yang ada di lingkungan Kwarda 03 Sumatera Barat.

Kak Nasrul Abit selaku Ketua Kwarda 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat bertindak sebagai pembina apel. Dalam kata sambutannya, kak Nasrul Abit menyebutkan bahwa kaum muda pada saat ini dihadapkan pada dua masalah besar, yaitu masalah sosial dan masalah kebangsaan.

“Masalah sosial meliputi penggunaan NAPZA dan obat terlarang, hubungan seks pranikah dan aborsi yang disebabkan pergaulan bebas, perkelahian, tawuran dan kekerasan, serta kriminalitas remaja. Sedangkan masalah kebangsaan meliputi solidaritas sosial rendah, semangat kebangsaan rendah, semangat bela negara rendah, dans emangat persatuan dan kesatuan yang juga tergolong rendah”, sambung kak Nasrul Abit.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Barat tersebut juga menekankan agar Gerakan Pramuka terus dijadikan sebagai wadah generasi muda dalam membina akhlak, budi pekerti, watak dan perilaku agar benar-benar tercipta generasi yang penuh dengan akhlakul kharimah.

Sambung kak Nasrul Abit dalam amanat apel menuturkan, “kita ingin Gerakan Pramuka tidak tergerus oleh zaman, tetap berperan besar dalam mencetak generasi muda yang unggul, berkarakter, berilmu, berbudi pekerti dan mencintai alam. Kita juga berharap Gerakan Pramuka dijadikan sebagai wadah pembelajaran berorganisasi, bergotong royong, memupuk persaudaraan, dan membina kerukunan antar sesama.”

Dalam akhir kata sambutannya, kak Nasrul Abit yang juga merupakan Putra Daerah Pesisir Selatan menyampaikan beberapa pesan dan harapan kepada Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega antara lain,
1. Jadilah anggota Pramuka yang mempunyai mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovasi dan senantiasa bekerja keras.
2. Mantapkan nilai-nilai pancasila, tri satya dan dasa darma dalam diri.
3. Satukan kata, hati dan perbuatan dalam memepuh jalan kehidupan serta meraih cita-cita dimasa depan.
4. Kedepankan idealis, kerja keras, kejujuran dan martabat sebagai seorang Pramuka Sejati.
5. Gantungkan cita-cita setinggi langit, raihlah mimpi dimasa depan dengan giat belajar dan dekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.
6. Tanamkan kebangsaan sebagai anak Indonesia dan jadilah generasi muda yang aktif, kreatif, dan enerjik.
7. Hindari Narkoba, Seks bebas, kenakalan remaja, dan HIV/AIDS.

Pada akhir acara, dilakukan penandatanganan spanduk Deklarasi Pramuka menolak pemakaian narkoba, seks bebas dan kenakalan remaja oleh seluruh peserta upacara dan undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, yang hadir tidak hanya dari unsur Kepramukaan saja, namun juga hadir anggota FORKOMPINDA Sumatera Barat dan FORKOMPINDA Kota Padang, Kepala BNN Provinsi Sumatera Barat, Pimpinan OPD Provinsi Sumatera Barat. Anggota MABIDA Sumatera Barat, Pimpinan Kwarda 03 Sumatera Barat, Pimpinan Kwarcab Se-Sumatera Barat dan Para Kamabigus yang ada di Kota Padang.

Jurnasil : 19045 – Jariri Arroah Manda
Editor : 18053 – M. Amhar Azet

Top