You are here
Home > Berita Cabang > KETUA GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG KAPUAS HULU TETAPKAN DESA UJUNG SAID DAN PENEPIAN RAYA SEBAGAI DESA PRAMUKA

KETUA GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG KAPUAS HULU TETAPKAN DESA UJUNG SAID DAN PENEPIAN RAYA SEBAGAI DESA PRAMUKA

PRAMUKANEWS | Ujung Said – Kapuas Hulu. Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kapuas Hulu, Agus Mulyana, SH, MH., mengukuhkan Desa Ujung Said dan Desa Penepian Raya sebagai desa pramuka pada hari Sabtu, 22 Desember 2018. Desa Ujung Said dan Desa Penepian Raya terletak di Kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.
Sebagai desa pramuka, di titik yang merupakan batas kedua desa tersebut dibangun sebuah prasasti berbentuk tunas kelapa yang merupakan lambang gerakan pramuka. Tugu tersebut dibangun sebagai penanda bahwa kedua desa tersebut telah resmi dikukuhkan sebagai desa pramuka. Pembangunan prasasti tersebut dikerjakan secara swadaya oleh anggota pramuka yang berasal dari unsur Kwarcab Kapuas Hulu, Kwarran Suhaid dan masyarakat kedua desa tersebut.

 

Dalam peresmian desa pramuka itu, Kak Agus Mulyana didampingi oleh Kapusdiklatcab Kwarcab Kapuas Hulu, ANCU Bina Muda Kwarcab Kapuas Hulu, Ketua Kwarran Suhaid, Ketua Kwarran Semitau, serta Kepala Desa Ujung Said dan Kepala Desa Penepian Raya.

Kak Agus Mulyana mengaku terkesan dengan kemajuan pendidikan kepramukaan di kedua desa tersebut. selain itu, antusias warda dan organisasi pemuda dalam usaha memajukan gerakan pramuka juga menjadi daya tarik sendiri. Hal seperti ini tidak mudah ditemukan di daerah lain.

Menurut Kak Agus Mulyana, ini merupakan penetapan desa pramuka yang pertama kali di wilayah Kwartir Daerah Kalimantan Barat. “Harapan saya, dengan dikukuhkannya Desa Ujung Said dan Desa Penepian Raya ini sebagai desa pramuka akan membuat proses pembinaan kaum muda di kedua desa ini semakin baik dan akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas”. 14.007_Feriadi Siregar

Top