You are here
Home > Berita Cabang > SAKA WANABAKTI KAPUAS HULU ANGKAT TEMA KEARIFAN LOKAL DAN UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PANGGUNG PERTIKAWAN NASIONAL 2019 GOOD TALENT

SAKA WANABAKTI KAPUAS HULU ANGKAT TEMA KEARIFAN LOKAL DAN UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM PANGGUNG PERTIKAWAN NASIONAL 2019 GOOD TALENT

PRAMUKANEWS | Cibubur – Jakarta Timur. Saka Wanabakti Kwartir Cabang Kapuas Hulu  mewakili Kontingen Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Kalimantan Barat di panggung megah Good Talent  Pertikawan Nasional 2019 pada hari Kamis,  21 November 2019 di Buperta Cibubur Jakarta Timur.

Pada penampilan tersebut, kontingen Saka Wanabakti menampilkan musik drama musikal dengan mengangkat tema “Putri Burung Kenyalang”, yang diiringi musik tradisional berupa sape’, gong, gendang dan dipadukan dengan musik modern. Bahkan pada alat musiknya putra-putra terbaik Kapuas Hulu tersebut memainkannya secara live.

Terkait dengan hal tersebut, Ketua Majelis Pembimbing Daerah Saka Wana bakti Kalimantan Barat, Ir.  Arief Mahmud, M.Si.  menuturkan bahwa Alhamdulillah  saya berkesempatan hadir  malam ini. Menurut saya, pada penampilan tersebut anak-anak sudah tampil maksimal. Mereka membawa 3 pesan sekaligus yang sangat penting yaitu budaya dayak, kearifan tradisional dan upaya pelestarian keanekaragaman hayati. Pesan moralnya sangat mudah dicerna dan diterima oleh para penonton.

Kemudian secara terpisah, Kak. Soptian Hadi, S. HI. yang  merupakan Kepala Desa Titian Kuala yang juga pamong Saka Wanabakti yang ikut mendampingi anggota  pada even Pertikawan Nasional Tahun 2019 menuturkan ” Ya memang kita tampilkan itu adalah sebuah kreasi tapi kita tetap mengambil spirit musiknya itu dari tarian khas suku dayak yaitu drama musikal”.

Lebih jauh juga pria yang akrab disapa Kak pian itu menjelaskan, bahwa musik tersebut menceritakan tentang  betapa sakralnya burung kenyalang bagi masyarakat suku dayak.

“Karena pada umumnya kami bangga terhadap budaya kami, khususnya suku melayu dan dayak yang merupakan suku asli Kalimantan Barat, sehingga itulah yang mendorong semangat kami untuk mengambil kesimpulan mewakili Kalimantan Barat di event Pertikawan Nasional 2019 ini,” tutup Kak Soptian. 14007-FERIADI SIREGAR

Top