You are here
Home > Berita Cabang > WALIKOTA PEKALONGAN MENCANANGKAN GERAKAN AKU BANGGA MENJADI PRAMUKA GARUDA

WALIKOTA PEKALONGAN MENCANANGKAN GERAKAN AKU BANGGA MENJADI PRAMUKA GARUDA

PRAMUKANEWS | Kwarcab Kota Pekalongan telah menyelesaikan Penilaian Pramuka Garuda Tahun 2019 yang dimulai sejak bulan Juli 2019 hingga saat ini. Sebanyak 71 Peserta Penilaian dinyatakan layak menjadi Pramuka Garuda dan berhak mendapatkan Tanda Pramuka Garuda.

Dalam rangkaian akhir penilaian, Kwarcab Kota Pekalongan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pekalongan dan Forum Pramuka Garuda Kota Pekalongan menyelenggarakan Upacara Pengukuhan Pramuka Garuda Kwarcab Kota Pekalongan Tahun 2019 pada Kamis (10/10/2019) bertempat di GOR Jetayu Pekalongan.

Selain upacara pengukuhan Pramuka Garuda, Walikota Pekalongan selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Pekalongan yang juga menjabat sebagai Ketua Kwarcab Kota Pekalongan mencangkan Gerakan Aku Bangga Menjadi Pramuka Garuda.

Hal ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Pekalongan untuk mendukung peningkatan kapasitas generasi muda melalui peningkatan kecakapan kepramukaan dan nilai-nilai kepramukaan dalam proses pendidikan kepramukaan di setiap gugus depan masing-maisng, yaitu dengan pencapaian Peserta Didik sebagai Pramuka Garuda.

Pencanangan ini merupakan kerjasama antara Kwarcab Kota Pekalongan dengan Pemerintah Kota Pekalongan dan Forum Pramuka Garuda Kota Pekalongan yang terus menginisiasi penyelenggaraan sosialisasi, kerjasama, motivasi dan penilaian Pramuka Garuda di Kwarcab Kota Pekalongan.

Selain itu, pada Tahun 2020 diharapkan pencanangan ini dimulai dari setiap penyelenggara gugus depan dan pembina pramuka untuk terus memberikan motivasi bagi peserta didiknya dalam meningkatkan kecakapan kepramukaan, yaitu dengan pencapaian Syarat Kecakapan Umum dan Syarat Kecakapan Khusus yang terarah dan sistematis.

“Saya berharap, akan lebih banyak lagi kegiatan kepramukaan untuk menjadikan Gerakan Pramuka sebagai tempat pendidikan karakter generasi muda di Kota Pekalongan, yaitu dengan kegiatan pencapaian SKU dan SKK yang merupakan inti kurikulum pendidikan kepramukaan, serta peningkatan pemahaman nilai-nilai kepramukaan. Jelas ini akan dimulai dari Penyelenggara Gugus Depan dan Pembina Pramuka di setiap Gugus Depan di Kota Pekalongan,” Pesan Kak H. M. Saelany Machfudz selaku Walikota Pekalongan disela-sela kegiatan.

Pencanangan Gerakan Aku Bangga Menjadi Pramuka Garuda diwujudkan dengan penandatanganan Surat Edaran Ketua Kwarcab Kota Pekalongan kepada penyelenggara pendidikan kepramukaan di Kota Pekalongan dan penandatanganan spanduk komitmen Pencanangan Gerakan Aku Bangga Menjadi Pramuka Garuda yang diikuti oleh Rektor Universitas Pekalongan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah XIII dan disaksikan oleh Kak Aditya Wicaksono selaku Andalan Daerah Kwarda Jawa Tengah yang hadir.

[M. AMHAR AZET – 18053]

Top