You are here
Home > Berita Cabang > PARTISIPASI MENINGKAT : KWARCAB KABUPATEN PEKALONGAN ADAKAN KEMBALI SELEKSI PRAMUKA GARUDA TAHUN 2019

PARTISIPASI MENINGKAT : KWARCAB KABUPATEN PEKALONGAN ADAKAN KEMBALI SELEKSI PRAMUKA GARUDA TAHUN 2019

PRAMUKANEWS | Kwarcab Kabupaten Pekalongan tahun ini kembali melaksanakan Seleksi Pramuka Garuda pada tanggal 5 Oktober 2019 untuk Peserta Golongan Siaga sebanyak 80 peserta didik. Sedangkan untuk Peserta Golongan Penggalang dilaksanakan tanggal 6 oktober 2019 yang diikuti sebanyak 120 orang. Sementara untuk Peerta Golongan Penegak dilaksanakan pada hari tanggal 12 Oktober 2019 yang diikuti oleh 25 peserta didik.

Dalam seleksi tersebut yang diselenggarakan di Sanggar Pramuka Kwarcab Kabupaten Pekalongan, animo pangkalan Gudep SMA/SMK/MA untuk Golongan Pramuka Penegak meningkat dari tahun 2018 yang hanya diikuti 6 Penegak Laksana dari 1 SMA dan 2 SMK. Sedangkan tahun ini meningkat pasrtisipasinya menjadi 25 peserta didik dari 6 SMA dan 3 SMK di wilayah Kabupaten Pekalongan.

Upaya pencapaian Pramuka Garuda ini merupakan komitmen Kwarcab Kabupaten Pekalongan dan Kwarda Jawa Tengah dengan pencanangan 5.000 Pramuka Garuda dalam setiap 1 tahun. Sehingga diharapkan Gugus Depan dapat meningkatkan pola mekanisme dan pembinaan dalam pencapaian pemenuhan kecakapan SKU, SKK dan Syarat Pencapaian Pramuka Garuda (SPG) sebagaimana mestinya.

Kak Noerhidayah Suprihatini, S.Pd. yang merupakan Pembina Gudep di SMA 1 Kedungwuni menyampaikan saat diwawancarai Jurnalis PRAMUKANEWS, bahwa di lapangan masih banyak Pembina Pramuka dari pangkalan yang belum menerapkan SKU dan SKK dalam menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Pembina Pramuka sudah seharusnya selalu memotivasi setiap peserta didiknya untuk meraih tingkat kecakapan tertinggi dalam setiap golongannya, yaitu mencapai Pramuka Garuda.

“Seleksi Pramuka Garuda Kwarcab Kabupaten Pekalongan ini diharapkan dapat melahirkan Pramuka Garuda yang menjadi teladan di gugus depannya, sekolahannya, dan lingkungan sebanyanya untuk menyebarkan dan mengajak dalam kebaikan,” tutur Kak Noerhidayah yang juga mengkirimkan peserta didiknya dari SMA N 1 Kedungwuni untuk mengikuti Seleksi Pramuka Garuda Tahun ini.

[M. AMHAR AZET | 18053]

Top