You are here
Home > Berita Gudep > KUATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA, GUGUS DEPAN SDN 201 GRESIK ADAKAN PERSAMI DAN PESTA SIAGA

KUATKAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA, GUGUS DEPAN SDN 201 GRESIK ADAKAN PERSAMI DAN PESTA SIAGA

PRAMUKANEWS | Senin (07/10) telah terselenggara Perkemahan Sabtu Minggu dan juga Pesta Siaga di Gugus Depan 04.023/04.024 Pangkalan SDN 201 Gresik di Desa Lampah, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut diikuti oleh 80 peserta Siaga, dan 100 peserta Penggalang.

Persami dan Pesta Siaga tersebut dilaksanakan dalam rangka pelantikan Siaga Mula dan juga Penggalang Ramu. Banyak rangkaian kegiatan yang terdapat dalam acara tersebut diantaranya ketangkasan membuat karya seni, pelatihan mendirikan tenda, sandi-sandi, dan banyak materi lainnya.

Kegiatan yang dimulai hari Sabtu (05/10) tersebut, diawali upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Ka. Mabigus, Kak Gembong Jaswito, S. Pd.. Dalam sambutannya Kak Wito menjelaskan kepada peserta mengenai beberapa tujuan kepramukaan di gugus depan tersebut. Diantaranya yakni untuk menguatkan pendidikan karakter siswa, serta melatih kemandirian, dan kedewasaan. Bila setiap hari telah mendapatkan materi tersebut dari bapak ibu guru di sekolah, maka Ka. Mabigus berharap dari Persami dan Pesta Siaga ini, siswa bisa mengaplikasikannya.

“Kalian tidak selamanya menjadi anak, kalian nanti lambat laun akan berubah menjadi orang dewasa, karena itulah kalian perlu berlajar kemandirian sejak dini, yakni sejak kalian masih duduk di bangku SD seperti sekarang”, tutur Kak Wito di depan peserta upacara.

Di penghujung acara Persami dan Pesta Siaga tersebut, kegiatan pun ditutup dengan upacara penutupan sekaligus pelantikan Siaga Mula dan Penggalang Ramu, ditanda dengan prosesi simbolis yakni penyematan badge dan juga prosesi siraman bagi peserta yang dilantik.

(FATHIMATUZ ZUHRO – 19035 | EDITOR: R. ICHWANI IQBAL A. Y. – 18068)

Top