You are here
Home > Berita Cabang > KUKUNINGAN SCOUT ADVENTURE VI, SEBAGAI LOMBA LINTAS ALAM YANG KEKINIAN

KUKUNINGAN SCOUT ADVENTURE VI, SEBAGAI LOMBA LINTAS ALAM YANG KEKINIAN

PRAMUKANEWS | Sebanyak 520 penggalang dan penegak Kwartir Cabang Kuningan mengikuti Kegiatan Kuningan Scout Adventure (KSA) VI bertempat di SMA Negeri 1 Cigugur pada hari Minggu (29/09/2019). Kegiatan ini dibuka resmi oleh Kak Rana Suparman, S.Sos ditandai dengan Penancapan Kapak ke tunggul yang didampingi oleh Waka Bina Muda, Andalan Kwarcab, Ketua DKC Kuningan, Ketua Pelaksana Kegiatan serta Pembina SMA Negeri 1 Cigugur.

Kegiatan Kuningan Scout Adventure (KSA) ini merupakan kegiatan urban scouting yang diisi lomba lintas alam serta pentas seni yang diselenggarakan oleh Dewan Kerja Cabang Kuningan setiap dua tahun sekali. Disebut dengan kegiatan urban scouting karena dalam kegiatan menggunakan Teknologi era modern serta peserta bebas berekspresi menggunakan kostum apapun tapi tetap mengacu pada tema.

Kegiatan KSA VI ini juga sebagai salah satu kegiatan evaluasi guna mengetahui sejauh mana materi serta kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan disetip gugus depan. Kegiatan evaluasi ini dikemas dalam pertanyaan-pertanyaan yang berbentuk soal serta praktik yang dijawab oleh para peserta KSA VI yang sudah dibagi ke beberapa pos. Pos dalam kegiatan KSA VI ini berguna sebagai titik berhenti peserta untuk menjawab pertanyaan, pos yang ada dalam KSA VI ini terdiri dari 5 pos yang masing-masing posnya terdapat soal yang berbeda.

Guna mengikuti perkembangan zaman era digital 4.0, menurut ketua pelaksana Kak Irwan mengatakan bahwa dalam kegiatan ini menggunakan system barcode dalam menjawab setiap soalnya yang ada disetiap pos. Peserta masuk ke link soal dengan cara scan barcode melalui smartphone untuk menuju link soal yang harus dijawab oleh peserta KSA VI ini. Dengan mengusung tema “Rovering To Succes” Kak Irwan berharap kegiatan ini bisa membawa kesuksesan dalam era zaman 4.0. (Mohamad Rizaluddin – 19011 | Editor : R. Ichwani Iqbal A. Y. – 18068)

Top