You are here
Home > Berita Gudep > UKM Pramuka UMI melaksanakan KMD Golongan Penggalang

UKM Pramuka UMI melaksanakan KMD Golongan Penggalang

PRAMUKANEWS.COM | Makassar : UKM Pramuka UMI melaksanakan KMD Golongan Penggalang

UKM Pramuka Racana Putra Putri Kampus Islami Universitas Muslim Indonesia mengadakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar ( KMD ) Golongan Tingkat Penggalang yang dibuka untuk umum. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 September 2019 di Ruang ABA Gedung Fakultas Agama Islam Universitas Muslim Indonesia Kota Makassar dan 13 – 15 September 2019 di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Wihdatul Ulum Desa Bontokassi Kec. Parangloe Kab. Gowa Sulawesi Selatan.

UKM Pramuka UMI dalam kegiatan ini mengusung tema “Mewujudkan Pembina yang handal sebagai tonggak keberhasilan generasi Pramuka” yang mana dari tema tersebut, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka khususnya golongan Penggalang guna dalam menciptakan tunas muda yang berkarakter untuk siap menghadapi tantang diera milenial sesuai yang dikatakan Kak Jordi selaku Ketua Reka Kerja. Kegiatan ini merupakan program kerja dari pengurus Dewan Racana periode 2018-2019 yang merupakan kegiatan besar diakhir penghujung kepengurusan.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 31 peserta yang terdiri dari 16 putra dan 15 putri yang tergabung dari beberapa utusan Ranting dan Pangkalan yang ada diwilayah Kwartir Daerah Sulawesi Selatan dan bahkan ada yang berasal dari Kwartir Daerah Kalimantan Timur. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III Universitas Muslim Indonesia Kak Prof. Dr. H Laode Husein SH, MH selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan Harian. Dalam pembukaan, beliau mengatakan bahwa “Dalam kegiatan Pramuka ini sangat penting peranannya dalam pembentukan karakter guna melahirkan para generasi penerus bangsa, dan seorang Pembina Pramuka harus siap akan hal ini untuk melanjut tonggak keberhasilan generasi Pramuka”. Kegiatan ini ditutup oleh Kak H. Mappe Kasim selaku Ketua Pusat Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka Cabang (Pusdiklatcab) Kota Makassar.

“Kegiatan alhamdulilah telah berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan, walaupun ada beberapa hal yang tidak terduga terjadi selama kegiatan berlangsung. Kesuksesan kegiatan ini juga karena kerja keras dari para rekan-rekan Reka Kerja yang dari awal menemani saya sampai selesainya kegiatan, dan juga saya berterimakasih kepada kakak-kakak Pelatih karna telah bersedia menjadi narasumber selama kegiatan KMD berlangsung”, ungkap kak Jordi selaku Ketua Reka Kerja saat ditanya mengenai kegiatan ini.

Kak Jordi juga berharap mengenai kegiatan ini bahwa semoga kegiatan ini menjadi program lanjutan yang dapat terlaksana pada kepengurusan selanjutnya dan bahkan lebih besar lagi dari kegiatan ini karena kegiatan ini merupakan KMD pertama yang terlaksana sejak UKM Pramuka UMI terbentuk. Adapun kekurangan dalam kegiatan ini dapat menjadi pelajaran dan acuan untuk kegiatan – kegiatan selanjutnya.

Jurnalis : Rachmatullah 18025

Editor : Tri Hidayatul AI 14011

Top