You are here
Home > Berita Gudep > ANTUSIAS PESERTA LOMBA PADA ISLAMIC SCOUT CREATIVITY (ISC) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BENGKULU

ANTUSIAS PESERTA LOMBA PADA ISLAMIC SCOUT CREATIVITY (ISC) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BENGKULU

PRAMUKANEWS | Bengkulu – memperingati  hari Ulang tahun Gerakan Pramuka Gugus Depan 01.001 Rajolelo-01.002 Fatmawati Pangkalan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu  mengadakan Islamic Scout Creativity (ISC) yang mencakup daerah Sumbagsel (Sumatera Bagian Selatan). Lomba ini diikuti oleh pramuka mulai dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak . Dengan jumlah peserta siaga sebanyak 17 Gugus Depan , Penggalang sebanyak 16 Gugus depan, dan Penegak Sebanyak 27 Gugus Depan. Peserta lomba berasal dari Provinsi Bengkulu dan ada juga yang berasal dari Musi Ulu provinsi Sumatra Selatan .
Adapun jenis perlombaan  Tingkat siaga diantara nya : TUS (Tata Upacara Siaga), Mewarnai,  Siapa Cepat,  Semaporhe Dance.  Tingkat Penggalang diantaranya : Keterampilan Tali Temali,  LKBB (Lomba Kreasi Baris Berbaris), Banana Kekinian,  Puitisasi Al-Qur’an,  Tolak Ukur Perkemahan. Tingkat Penegak diantaranya: Keterampilan Tali temali,  Syahril Qur’an,  TTG (Teknologi Tepat Guna), Tenda Apung,  Drama Musikal,  Video Instagram (Vidgram) dan Tolak Ukur Perkemahan. Kegiatan ini berjalan dari tanggal 5 s/d 8 September 2019 .

Kegiatan ini berjalan dengan lancar , para peserta nya pun sangat antusias mengikuti berbagai jenis perlombaan  yang ada, lomba yang terbaru atau baru ada ditahun ini adalah lomba tenda apung untuk tingkat pramuka penegak . Berbagai bentuk tenda apung di buat dan langsung di turun ke Danau untuk menguji terapung atau tidaknya tenda tersebut . Di tingkat penggalang Lomba terbaru nya ada pembuatan pionering bentuk Transportasi roda 2 seperti Sepedah dan sepedah Motor . Di perlombaan ini pun tak kalah semangatnya para peserta untuk membuat pionering nya. Penegak pun membuat pionering bentuk burung Garuda. Setelah selesai lomba pionering , seluruh hasilnya di bawa ke lapangan utama di depan rektorat kampus IAIN Bengkulu untuk menjadi pameran selama perkemahan.
Ramai bumi perkemahan oleh peserta , dan oleh para pengunjung dan tamu yang ingin melihat perlombaan besar tersebut.  para panitia pun dengan ramah menyambut tamu dan pengujung yang ingin melihat sanak saudara, dan teman satu sekolah yang ingin memberi dukungan terhadap sekolahnya .
Ketua panitia kak M. Azim Hardiyanto menjelaska “Selain mata lomba yang telah di sebutkan,  ada pula Giat Pelatihan yang mendatangkan narasumber di bidangnya, Giat Pelatihan tersebut meliputi Sosialisasi Kampus,  Tanggap Bencana (Basarnas), Protokoler,  Gathering (Kebencanaan), dan Vlog dan ditambah lagi Giat Bakti/Penunjang diantaranya : Upacara Pembukaan dan penutupan,  Upacara Adat,  Apel pagi dan sore,  Sholat berjamaah dan dhuha akbar, senam,  kebersihan buper,  pembacaan yasin dan tahlil,  api unggun”.
( Hariyanto Supriyadi  –  19004 | EDITOR : NOVITA DWI LESTARI – 18080 )

Top