You are here
Home > Berita Gudep > Pramuka Universitas Negeri Padang akan melaksanakan lomba PAKAR PRANAS Tahun 2019

Pramuka Universitas Negeri Padang akan melaksanakan lomba PAKAR PRANAS Tahun 2019

Pramukanews.com | Pada tahun 2019 ini Gudep 01.111 – 01.112 Pangkalan Universitas Negeri Padang Racana Dang Tuanku Bundo Kanduang atau yang dikenal dengan Pramuka UNP akan mengadakan kegiatan yang belum pernah dilaksanakan oleh Gugus Depan tersebut. Kegiatan yang dimaksud adalah Jumpa Karya Praja Nasional Pramuka Universitas Negeri Padang atau yang disingkat dengan Pakar Pranas 2019. Kegiatan ini akan diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Indonesia.

Ketua sangga kerja, Kak Rido Saputra mengatakan dasar pengangkatan kegiatan ini adalah seiring perkembangan globalisasi dan media informasi, membuat generasi muda terutama Pramuka juga harus “melek” (membuka mata. red) terhadap perkembangan bernuansa ilmiah sebagai wujud kontribusi pramuka untuk perubahan lebih baik. Munculnya gagasan kreatif yang dapat berkontribusi positif untuk perkembangan ilmu pengetahuan di era saat ini. Maka dari itu,  Pramuka UNP hadir mewadahi Pramuka penegak dan pandega untuk merealisasikan perannya sebagai Agent of Change ketika di temui di Komplek lingkungan kampus Universitas Negeri Padang (15/09/19).

Adapun tema yang diperlombakan dalam kegiatan Pakar Pranas 2019 ini untuk Pramuka penegak adalah Kontribusi dan eksistensi Pramuka mewujudkan Indonesia emas 2045 dan Pramuka Pandega adalah Strategi Pramuka dalam mewujudkan SDG’s di era Keterbukaan Informasi.  Peserta yang dinyatakan lulus akan diundang ke Pangkalan Pramuka UNP untuk nmempresentasikan hasil karya tulis ilmiahnya dan hanya 20 tim terbaik dari gugus Depan Pramuka Penegak dan Pramuka pandega. Pelaksanaan kegiatan akan dilaksanakan mulai dari tanggal 22 sampai dengan tanggal 26 Oktober 2019. Kegiatan akbar Pramuka UNP ini akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah dan Piala Rektor Universitas Negeri Padang, Piala Walikota Padang, The Best Team, The Best Speaker, dan The Best Presentation.

Kemudian menurut penuturan Ketua Dewan Racana Putri Pramuka UNP Kak Desta Efita Nora “tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini bagi Pramuka Penegak adalah untuk meningkatkan peran, wawasan dan kreatifitas Pramuka Penegak mengenai upaya perwujudan Indonesia Emas 2045. Dimana kegiatan ini akan mendorong seluruh Pramuka Penegak untuk berkarya tulis imiah dengan eksplorasi gagasan kreatif dan inovatif untuk kemajuan bangsa Indonesia”.

“untuk Pramuka pandega bertujuan meningkatkan peranan, kontribusi serta kreatifitas Pramuka Pandega mengenai perkembangan 17 tujuan, 169 target dan 241 indikator yang menjadi fokus Sustionable Development Goals (SDGs) 2030 dimana kegiatan ini akan mendorong seluruh Pramuka Pandega untuk berkarya tulis ilmiah dengan eksplorasi gagasan kreatif dan inovatif untuk kemajuan bangsa Indonesia”, sambung kak Desta Efita Nora yang juga merupakan anggota Crisis Center Kwarda 03 Sumatera barat ketika wawancara minggu, 15 September 2019 di Gudep Pramuka UNP Gedung PKM UNP.

[Jariri Arroah Manda 19045 | Editor : Adlal Hidayat 18048]

Top