You are here
Home > Berita Gudep > ULANG JANJI DAN RENUNGAN MEMPERINGATI HARI PRAMUKA BERSAMA RACANA SUBIADINATA

ULANG JANJI DAN RENUNGAN MEMPERINGATI HARI PRAMUKA BERSAMA RACANA SUBIADINATA

PRAMUKANEWS | Semarang – Racana Subiadinata memperingati hari pramuka yang ke 58 pada Selasa malam (13/08) pada pukul 18.30 – selesai di Gedung Utama Rektorat Universitas PGRI Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh dewan racana, anggota serta purna dewan dengan jumlah 45 peserta. Dalam memperingati hari pramuka Kak Rahmat Sudrajat, S.Pd., M.Pd.  selaku pembina Gugus Depan 10.067 Racana Subiadinata membuka dan membacakan ulang janji dan diikuti semua peserta.

Sebagai anggota pramuka melaksanakan ulang janji sebagai wujud kebahagiaan sederhana yang menimbulkan tali persaudaraan semakin erat dan rekat. Tak ada ruginya mengikutnya justru mendapatkan manfaat dan menanamkan nilai moral terhadap diri sendiri maupun orang lain. Menjadi seorang pramuka mempunyai banyak pengalaman yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Mengembangkan potensi diri baik yang sifatnya akademik maupun sosial.
Dalam sambutannya Kak Rahmat berharap melalui peringatan hari pramuka dapat menjadi insan pemuda pancasila.
“ Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana yang artinya mampu melaksanakan dan mengamalkan tri satya dan dasa darma pramuka serta yang mampu berkarya. Pramuka yang ada di Perguruan Tinggi mampu memandegani serta membina diri, bina satuan dan bina masyarakat. “ katanya.

Dalam merayakan hari pramuka Racana Subiadinaa mempunyai agenda yang inovasi yakni melaksanakan ulang janji dan renungan bersama pembina gugus depan 10.067. tujuannya untuk mempererat rasa kekeluargaan Pramuka di Racana Subiadinata Universitas PGRI Semarang. Kaitannya denganhal itu, Ketua Dewan Racana Putri Gugus depan 10.068 yaitu Kak Fiana Eka Rahmawati yang biasa disapa Kak Fiana mengatakan bahwa “ Makna dari memperingati hari pramuka yang ke 58 ini adalah kita bisa lebih dekat dan mampu memberikan inovasi – inovasi sehingga dalam memperingati hari pramuka tidak harus dengan kegiatan pramuka atau sejenisnya tapi bisa dimodifikasi. Saya berharap kedepannya Pramuka menjadi insan generasi muda yang lebih unggul dan siap sedia menjaga keutuhan NKRI.”

Kemudian disambung dengan Kak Frizky, selaku Ketua Reka Kerja memperingati Hari Pramuka “ Dengan adanya kegiatan seperti ini mampu mengakrabkan, sharing bersama dan menyamakan persepsi tentang kepramukaan yang ada di kampus UPGRIS maupun di Indonesia.” Ujarnya.
Kak Frizky menuturkan bahwa mengajarkan kita untuk menjadi pramuka yang patriotik, kegigihan, keuletan, dan kedisiplinan yang patut untuk dicontoh. ( IRMA RISTANTINA LUTHVIYANI – 18028 | EDITOR : NOVITA DWI LESTARI – 18080 )

Top