You are here
Home > Berita Ranting > MELALUI JAMBORE RANTING 0410 LINTAU BUO WUJUDKAN PRAMUKA PENGGALANG YANG CINTA SENI, BUDAYA DAN AGAMA

MELALUI JAMBORE RANTING 0410 LINTAU BUO WUJUDKAN PRAMUKA PENGGALANG YANG CINTA SENI, BUDAYA DAN AGAMA

Jumat, 06 September – 15:00 WIB

PRAMUKANEWS | LINTAU BUO – Kwartir Ranting 0410 Lintau Buo laksanakan kegiatan Jambore Ranting tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari hari Jumat sampai hari Minggu tanggal 06 sampai 08 September 2019 dengan jumlah peserta lebih kurang 320 orang peserta Pramuka Penggalang SD maupun penggalang SMP. Jambore Ranting 0410 Lintau Buo dibuka langsung oleh Kak Agusril selaku Mabiran 0410 Lintau Buo tema yang diambil pada Jambore Ranting yaitu “ Wujudkan Bangsa yang Cinta Seni, Budaya dan Agama melalui Gerakan Pramuka.” Pada Jumat (06/09) di Bumi Perkemahan Kwartir Ranting 0410 Lintau Buo.
Kak Agusril mengungkapkan dalam amanatnya, dengan adanya Jambore Ranting peserta didik dapat meningkatkan rasa cinta terhadap seni budaya yang ada di Kecamatan Lintau Buo serta taat dalam menjalankan ibadah sesuai dengan Dasa Darma yang pertama yaitu Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bukan hanya itu saja yang harus diterapkan, namun semua nilai-nilai yang ada dalam Dasa Darma hendaknya dapat untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Kemudian melihat kesungguhan panitia pelaksana dan semangat peserta didik dalam mengikuti Jambore Ranting ini, hendaknya kegiatan tiga hari kedepan berjalan dengan lancar dan sukses.
“Saya sebagai Kak Mabiran merasa sangat bangga kepada panitia pelaksana maupun peserta Jambore Ranting semuanya, ini merupakan kegiatan awal bagi Gerakan Pramuka Kecamatan Lintau Buo setelah dilantiknya pengurus baru Kwartir Ranting 0410 Lintau Buo, kami berharap untuk kedepannya lebih digiatkan lagi, baik itu kegiatan pramuka di gugusdepan masing-masing maupun kegiatan pramuka positif lainnya. Semoga kedepannya Gerakan Pramuka di Kecamatan Lintau Buo lebih berkembang lagi dan siap untuk bersaing dengan gugusdepan yang ada di luar Kecamatan Lintau Buo. Teruslah semangat dan juga saling memotivasi selama kegiatan Jambore Ranting agar kegiatan ini berjalan dengan lancar dan nyaman,” ungkap Kak Agusril.
Sekretaris Kwartir Cabang 0304 Tanah Datar Kak Revol Desman mengatakan bahwa Jambore Ranting bertujuan memberi semangat dan menumbuhkan rasa cinta terhadap alam serta melatih jiwa sosial antar anggota Pramuka Penggalang, khususnya sesama anggota pramuka yang ada di Kecamatan Lintau Buo. Akhir dari kegiatan Jambore Ranting hendaknya sesama peserta Jambore Ranting dapat memiliki kemampuan kepramukaan dan semangat sosial dalam berorganisasi di Gerakan Pramuka. Dalam Jambore Ranting ini hendaknya Pramuka Penggalang yang ada di Kecamatan Lintau Buo dapat menampilkan keterampilan serta kemampuan dari gugusdepan masing-masing.
“Kegiatan Jambore Ranting merupakan ajangnya Pramuka Penggalang untuk mununjukkan potensi serta kemampuan yang ada di gugusdepan masing-masing. Kemudian menjadi ajang silaturahmi antar Pramuka Penggalang yang ada di Kecamatan Lintau Buo. Saya dari kepengurusan Kwartir Cabang 0304 Tanah Datar mengapresiasi dari kegiatan Jambore Ranting yang merupakan program kerja awal dari kepengurusan Kwartir Ranting 0410 Lintau Buo. Kami juga merasa bangga bisa mengikuti serta melihat secara langsung acara pembukaan Jambore Ranting 0410 Lintau Buo. Kedepannya kami selaku pengurus Kwartir Cabang 0304 Tanah Datar berharap setelah Jambore Ranting ini dilaksanakan hendaknya tercapai tujuan dari Jambore Ranting dan terbentuklah peserta didik yang cinta seni, budaya dan agama melalui Gerakan Pramuka. Untuk cabang lomba yang akan dilaksankan pada Jambore Ranting 0410 Lintau Buo tahun 2019 yaitu penyelenggaraan Salat Jenazah, Tahfiz, Paduan Suara dan Pionering,” jelas Kak Revol Desman selaku Sekretaris Kwartir Cabang 0304 Tanah Datar.
Jurnalis : Iskandar Fuaddin | 18098

Editor : Silvia Dwi Pratiwi | 18083

Top