You are here
Home > Berita Nasional > Upacara Apel Besar Hari Pramuka ke-58 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur

Upacara Apel Besar Hari Pramuka ke-58 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur

PRAMUKANEWS | Jakarta Timur : Sesuai Keputusan Presiden RI nomor 448 Tahun 1961 tanggal 14 Agustus ditetapkan menjadi Hari Pramuka . Maka saat ini tepat tanggal 14 Agustus 2019 segenap anggota Gerakan Pramuka Indonesia bersuka cita karena organisasi ini genap berusia 58 tahun. Dan ini merupakan wujud nikmat Allah Tuhan Yang Maha Esa karena dapat dipersatukan dalam satu wadah tunggal Gerakan Pramuka.
Upacara Apel Besar Hari Pramuka ke-58 bertempat di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur. Upacara kali ini dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia selaku Ketua Mabinas Gerakan Pramuka. Dan diikuti oleh PAUD pra siaga beserta pembina, pembina/pelatih pembina, seluruh saka, ticket of life dan tamu undangan. Dengan pakaian pria batik lengan panjang, wanita bebas rapi, TNI/POLRI berpakaian PDH dan pramuka berpakaian seragam pramuka. Adapun acara akan dimulai pada pukul 16.30 – 17.58 WIB.
Pada Hari Pramuka ke-58 ini bertemakan, “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.” Tema ini diambil dikarenakan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia. Adapun mottonya, “Satyaku Ku Darmakan Darmaku Ku Baktikan.”

 

Upacara ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar Gerakan Pramuka dapat megedepankan nilai – nilai luhur, bertekad untuk sejauh mungkin tidak mengonsumsi produk pertanian dan pangan impor dan beralih kepada produk lokal, agar bisa memerangi sampai plastik dan semaksimal mungkin memanfaatkan produk yang dapat diuraikan kembali, agar dapat menjadi ksatria yang sadar bencana rela menolong dan rela berkorban pada sesama dan tabah menghadapi bencana, Gerakan Pramuka juga bisa menjadi bagian sitem pendidikan nasional dan terakhir agar bisa menepati Tri Satya dan Dasa Darma.
Adapun prosesi kegiatan Upacara Apel Besar Hari Pramuka ke-58 berjalan dengan aman, selamat lancar dan khidmat. Ini dibuktikan dengan banyaknya semangat antusiasme peserta upacara dari awal hingga akhir upacara.

 

Sumber gambar : https://www.instagram.com/p/B1IxxeVF94c/?igshid=89o5jhe1qyur
Nama Calon Jurnalis : Auliana Laili Fajri Zakya
Id Calon Jurnalis : CJ116
Nama Coach : Silvia Dwi Pratiwi

Top