You are here
Home > Berita Ranting > Bupati Pimpin Upacara Hari Pramuka Ke-58 Di Kwarran Sumpiuh

Bupati Pimpin Upacara Hari Pramuka Ke-58 Di Kwarran Sumpiuh

PRAMUKANEWS.COM | Sumpiuh : Bupati Pimpin Upacara Hari Pramuka Ke-58 Di Kwarran Sumpiuh

Anggota Pramuka di Kwartir Ranting Sumpiuh mengikuti upacara peringatan hari Pramuka Ke-58 Tingkat Kwarran Sumpiuh yang berlangsung di Lapangan Kusuma Sumpiuh, Rabu (14/08/2019) pagi. Bertindak sebagai Pembina Upacara Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dan dihadiri oleh anggota Mabicab kak Dr Ir Irawadi Ces, Ketua Kwarran, Anggota Mabiran, Mabigus se Kwarran Sumpiuh dan tamu undangan lainnya.

Tema Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019 ini adalah “Peringatan 58 Tahun Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”. Dalam upacara tersebut, Bupati membacakan sambutan dari Ketua Kwarnas, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

“Gerakan Pramuka dengan berbagai kegiatan di luar ruangan akan terus memperkuat menjaga keutuhan NKRI. Sejak awal Pramuka dirancang sebagai alat pendidikan bagi generasi muda untuk menjadi Perekat dan siap membangun keutuhan NKRI. Karena itu, Pramuka bisa hadir dan diterima oleh masyarakat di semua daerah,” katanya

Peringatan Hari Pramuka yang ke-58 Tahun 2019 ini juga akan diramaikan dengan kegiatan bakti masyarakat yang ber-tag line “Pramuka Bersih Negeri” kegiatannya meliputi aksi donor darah, penetapan bulan Agustus sebagai bulan Bakti Pramuka dengan melaksanakan kegiatan bakti diantaranya; pencetusan Komitmen Gerakan Pramuka untuk engurangi Sampah Plastik, aksi bersih sampah plastik, aksi bersih pantai, laut, sungai, penghijauan, dan lain-lain.

Pramuka berasal dari kata Praja Muda Karana yang mempunyai arti “sekumpulan anak-anak mud ayang suka berkarya”. Jadi, sebagai anak muda kalian haruslah bisa berkarya dengan cara mengisi hal-hal yang positif dalam kehidupan.

Tujuan dari kegiatan pramuka itu sendiri sangatlah mulia, yaitu untuk mendidik generasi muda jaman sekarang ke hal-hal positif dengan adanya dasar dan metode kegiatan pramuka yang sesuai dengan norma-norma masyarakat yang berlaku.

Dengan begitu, maka akan diperoleh suatu anggota pramuka yang memiliki moral, mental dan budi pekerti yang bijaksana. Selain itu, juga akan menjadikan manusia yang memiliki jiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga para generasi penerus bangsa akan berguna dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara.

Diakhir acara Bupati menyematkan penghargaan pancawarsa kepada para pembina yang berdedikasi tinggi dalam kemajuan dan prestasi gerakan pramuka yang ada di Kwarran Sumpiuh.

Ketua Kwarcab Achmad Supartono mengatakan bahwa mulai tahun 2018 Anggota Mabicab turun di Kwarran untuk memimpin upacara hari Pramuka di masing-masing ranting. Karena untuk apel besar hari Pramuka tingkat kabupaten tidak dilakukan pada tanggal 14 Agustus.

“Untuk tahun 2019 Bupati Banyumas selaku Ketua Mabicab memimpin upacara di Kwarran Sumpiuh, Wakil Bupati Sadewo Tri Lastioni selaku Waka Mabicab di Kwarran Cilongok, Dandim di Sokaraja, Sekda di Kedungbanteng dan lain sebagainya ” katanya.

 

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top