You are here
Home > Berita Cabang > Pramuka Peduli Banyumas Bantu Evakuasi Nenek Datem

Pramuka Peduli Banyumas Bantu Evakuasi Nenek Datem

PRAMUKANEWS.COM | Banyumas : Pramuka Peduli Banyumas Bantu Evakuasi Nenek Datem

Pramuka peduli Kwarcab Banyumas bersama Tim SAR Gabungan mengevakuasi jenazah nenek Datem (65 th) warga Desa Gunungwetan Kecamatan Jatilawang Jum’at (12/7/2019) pukul 13.00 WIB. Korban dilaporkan hilang sejak tanggal 2 Juli 2019.

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Heriana Ady Chandra mengatakan pencarian Nenek Datem sudah pernah dilakukan warga didukung oleh Gabungan SAR termasuk Pramuka Peduli namun tidak menemukan.

Korban pertama kali ditemukan oleh Mukadim (64 th) Penyadap Karet alamat Desa Pengadegan RT 04 RW 08 Kecamatan Wangon, sekitar pukul 10.00 WIB,
saat sedang menyadap di hutan pinus masuk Desa Pengadegan Kecamatan Wangon (sebelah timur Depo Batu Belah Pengadegan. Ketika Mukadim hendak mencari bambu untuk menggotong getah pinus yang telah disadap, Ia mencium bau busuk dari arah parit yang kering. Mukadim mencari sumber bau, dan ditemukan sesosok mayat dalam posisi telungkup di bebatuan parit tersebut.

“Pak Mukadim lantas berteriak memanggil Sutalim dan Arsan untuk memastikan bahwa itu jenazah,” katanya.

Ketiganya melaporkan kejadian tersebut ke Perangkat Desa Gunungwetan. Perangkat Desa meneruskan laporan tersebut ke Polsek Jatilawang. Selanjutnya Bhabinkamtibmas Polsek Jatilawang kemudian meneruskan ke Koordinator TAGANA Kabupaten Banyumas untuk mengevakuasi jenazah.

Setelah jenazah sampai ditempat transportasi, kemudian dilakukan Pemeriksaan oleh Inafis Polres Banyumas dan Puskesmas Jatilawang. Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan tanda penganiayaan.

“Nenek Datem meninggal wajar tidak ada tanda penganiayaan, ditemukan di parit 7 Km dari rumahnya. Selanjutnya jenazah diserahkan ke pihak keluarga untuk dikebumikan,” jelas Ady

Proses evakuasi memakan waktu yang cukup lama, karena jarak antara TKP dengan titik transportasi sejauh 1 Km dengan route jalan naik turun.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top