You are here
Home > Berita Ranting > Pramuka Peduli Karanglewas Ikuti Pelatihan Singkat Tentang Lalulintas

Pramuka Peduli Karanglewas Ikuti Pelatihan Singkat Tentang Lalulintas

PRAMUKANEWS.COM | Karang Lewas : Pramuka Peduli Karanglewas Ikuti Pelatihan Singkat Tentang Lalulintas

50 anggota Pramuka Peduli (Pramuli) Kwartir Ranting Karanglewas mengikuti pelatihan singkat tentang tata cara mengatur lalulintas, Selasa (28/5/2019) di Pendopo “Satria Kamandaka” kecamatan Karangkewas, kabupaten Banyumas. Kegiatan digelar sebagai persiapan mereka dalam membantu Pengamanan Arus Mudik (PAM) Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1.440 H.

Ketua Pramuli Kwarran Karanglewas, Kuntoro Heryanto, S.Pd menjelaskan bahwa tujuan pelatihan adalah untuk membekali anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) dan Anggota Pramuli yang hendak bertugas sebagai Petugas Pengamanan Arus Mudik Lebaran.

“Kwarran Karanglewas merencanakan akan mengadakan PAM Lebaran selama H – 7 lebaran atau Rabu 29 Mei 2019 hingga Selasa 4 Juni 2019,” katanya

Dengan pelatihan itu, diharapkan DKR dan Anggota Pramuli yang akan bertugas nge PAM tidak bingung dan tidak ragu – ragu lagi dalam melaksanakan tugasnya.

Materi diberikan oleh anggota polisi dari Poksek Karanglewas, Slamet Kundaryanto. Menurutnya ada 12 macam gerakan yang dalam pelatihan kelalulintasan ini, yang menitik beratkan pada gerakan mengatur lalu – lintas di jalan. Kedua belas gerakan tersebut antara lain gerakan berhenti dari semua arah,
gerakan berhenti dari arah tertentu, gerakan berhenti dari depan, gerakan berhenti dari belakang. Kemudian gerakan berhenti dari depan belakang, herakan arah depan melaju, gerakan arah belakang melaju, gerakan arah depan belakang melaju dan gerakan dari arah depan dipercepat.

“Ada juga gerakan dari arah belakang dipercepat, gerakan dari depan melambat dan gerakan dari belakang melambat,” tambahnya

50 peserta terdiri dari 20 peserta perwakilan dari SMK IT Babakan, 20 peserta perwakilan dari SMK Maarif Diponegoro (SMK Dulkom), dan 10 anggota Pramuli Karanglewas.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top