You are here
Home > Berita Cabang > Pramuka Banyumas Sigap Bantu Pemudik dan Pengguna Jalan

Pramuka Banyumas Sigap Bantu Pemudik dan Pengguna Jalan

PRAMUKANEWS.COM | Banyumas : Pramuka Banyumas Sigap Bantu Pemudik dan Pengguna Jalan

Anggota Pramuka Banyumas yang bertugas di 17 Posko Pengamanan Karya Bakti Lebaran (PAM KBL) terlihat sigap membantu menangani setiap kejadian. Mereka yang bertugas secara sukarela dan bergantian sejak 29 Mei terus memberikan laporan berkala setiap pagi dan sore serta laporan insidental peristiwa luar biasa.

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Heriana Ady Candra mengatakan sampai hari ini Senin (3/6/2019) selain kegiatan rutin berupa membantu pengaturan lalu lintas, menyeberangkan warga yang berbelanja dan dipusat keramaian, mereka juga sigap membantu memberi pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas. Dari laporan yang diterima ada sedikitnya ada 8 kecelakaan lalu lintas yang berhasil dibantu untuk ditangani.

“Kami melakukan penanganan kecelakaan lalu lintas di Posko Sumpiuh 3 kejadian, Posko Kebasen 1 kejadian, posko Lumbir 3 kejadian dan Ajibarang 1 kejadian,” katanya Senin (3/6/2019)

Ady mengucapkan terima kasih atas kesigapan petugas PAM KBL dalam melakukan pertolongan terhadap kejadian kecelakaan dan musibah. Dia terus berpesan agar senantiasa mengutamakan keselamatan diri baik ketika bertugas maupun selepas melaksanakan tugas.

“Kepada pemudik, kami menghimbau ketika merasa mengantuk, lelah dan sakit, agar beristirahat di kantong – kantong rest area yang ada di sepanjang perjalanan yang digelar berbagai instansi maupun ormas, sehingga perjalanan mudik akan selamat sampai tujuan,” pesanya.

Kesiapsiagaan ini sudah dipersiapkan melalui pembekalan materi teori dan praktek melalui Pelatihan Penanganan Kegawatdaruratan pada tanggal 18-19 Mei 2019 lalu.

Peristiwa kecelakaan tidak hanya pemudik, seperti Suparjo 38 tahun pemudik dari Bandung, mobil ambulance Pemkab Ciamis tetapi juga warga Banyumas.

“Bahkan salah satu anggota posko Kwarran Ajibarang juga mengalami kecelakaan saat pulang dari bertugas,” tambahnya.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top