You are here
Home > Berita Cabang > SOSIALISASI TAHAPAN PENILAIAN PRAMUKA GARUDA KWARCAB KOTA PEKALONGAN TAHUN 2019 MULAI DIGELAR UNTUK PENEGAK PANDEGA

SOSIALISASI TAHAPAN PENILAIAN PRAMUKA GARUDA KWARCAB KOTA PEKALONGAN TAHUN 2019 MULAI DIGELAR UNTUK PENEGAK PANDEGA

PRAMUKANEWS | Penilaian Pramuka Garuda menjadi prioritas program inisiasi Forum Pramuka Garuda (FPG) Kota Pekalongan dengan Kwarcab Kota Pekalongan Tahun 2019 ini. Dalam rangka menginformasikan kegiatan tersebut, FPG Kota Pekalongan menyelenggarakan Tahapan Sosialisasi bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Kota Pekalongan (26/05/2019) bertempat di Aula Pertemuan SDN Keputran 04 Pekalongan.

Kegiatan sosialisasi yang bertemakan “Hambatan dan Tantangan Pencapaian Pramuka Garuda di Kota Pekalongan” ini menjadi tahapan awal dalam mensosialisasikan seluruh rangkaian Penilaian Pramuka Garuda hingga ke tahap Seleksi Pramuka Garuda berprestasi di Tingkat Daerah ataupun Nasional.

Pada Tahun 2018, Penilaian Pramuka Garuda Kwarcab Kota Pekalongan diikuti oleh 34 dari Pramuka Penegak, 3 Pramuka Pandega dan 7 Pramuka Penggalang dengan presentase keikutsertaan Gugus Depan adalah 22,6% atau 7 dari 31 Gugus Depan Gol. Penegak/Pandega yang ada di Kota Pekalongan. Sehingga masih jauh dari angka sebaran normal untuk bisa dijadikan acuan pelaksanaan Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega berjalan dengan baik.

Menyikapi rendahnya partisipasi Gugus Depan Gol. Penegak dan Pandega dalam penilaian Pramuka Garuda Tahun 2018, FPG Kota Pekalongan bersama Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kwarcab Kota Pekalongan dan DKC Kota Pekalongan akan menginventarisir hambatan dalam pelaksanaan pencapaian SKU dan SKK di Gugus Depan sebagai bahan tindak lanjut berikutnya dalam mensukseskan Revitalisasi Gerakan Pramuka di Kota Pekalongan.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, kata kunci pembuka (Keynote Speaker) disampaikan oleh Kak Azet selaku Pengarah FPG Kota Pekalongan, dengan narasumber adalah Kak Aditya Tri Atmojo yang merupakan Koordinator FPG Kota Pekalongan dan Kak Alexander Cahya S. yang merupakan Koordinator Panitia Pelaksana Sekretariat PG Tahun 2019.

Dalam materinya, Kak Aditya Tri Atmojo menekankan penyampaian pada konsistensi peta perjalanan kehidupan bagi Pramuka Penegak dan Pandega sesuai SK Kwarnas Nomor 176 Tahun 2013 tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega, sedangkan Kak Alexander Cahya S. menyampaikan materi tentang kebijakan pelaksanaan Penilaian Pramuka Garuda Kwarcab Kota Pekalongan Tahun 2019 ini.

“Pramuka Garuda merupakan pencapaian bagi pramuka laksana yang berhasil memenuhi syarat pramuka garuda dan diharapkan dapat menjadi teladan bagi anggota Pramuka lainnya. Sehingga dapat sejalan dengan program pembangunan kepemudaan di Kota Pekalongan dalam meningkatkan kapasitas kepemudaan melalui pendidikan kepramukaan,” ujar Kak Aditya.

Sosialisasi yang dihadiri perwakilan Dewan Racana, Dewan Ambalan dan Dewan Saka se-Kota Pekalongan ini diharapkan dapat meningkatkan keikutsertaan peserta dalam Penilaian Pramuka Garuda Kwarcab Kota Pekalongan Tahun 2019. Sehingga target pada tahun 2019 yaitu minimal 50% Gugus Depan dapat memiliki 1 putera dan 1 puteri Pramuka Garuda di setiap golongannya masing-masing dapat tercapai sebagai bentuk revitalisasi Gerakan Pramuka di Kota Pekalongan.

[M. AMHAR AZET – 18053]

Top