You are here
Home > Berita Cabang > 20 Anggota Saka Bina Sosial KWARCAB Banyumas Dilantik

20 Anggota Saka Bina Sosial KWARCAB Banyumas Dilantik

PRAMUKANEWS.COM | Banyumas : 20 Anggota Saka Bina Sosial KWARCAB Banyumas Dilantik

Sebanyak 20 calon anggota Saka Bina Sosial Kwarcab Banyumas resmi menjadi anggota, setelah mereka dilantik menjadi anggota Minggu (19/5/2019) di Halaman kantor Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Banyumas. Saka dibawah pembinaan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Banyumas ini dilantik oleh Instruktur Saka Bina Sosial Kak Ady Candra, S.IP mewakili Pimpinan Saka.

Kak Ady Candra mengatakan Saka Bina Sosial merupakan salah satu potensi sumber kesejahteraan sosial, dan kader Pramuka yang ikut serta menangani permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang ada di masyarakat, menanggulangi dampak bencana baik alam maupun sosial. Menurut Ady, saka bina sosial dibentuk untuk menumbuhkembangkan jiwa kesetiakawanan sosial dalam diri anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas sehingga menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan peka terhadap kondisi lingkungan dan masyarakat, dan memperkuat kelembagaan Gerakan Pramuka agar dapat meningkatkan partisipasi sosialnya di berbagai sektor pembangunan Bangsa dan Negara serta mengembangkan sistem dan jaringan Saka Bina Sosial di Kwartir Cabang Banyumas.

“Saka Bina Sosial Kwarcab Banyumas yang selalu aktif menjalani aktivitas kegiatan kesakaan, sehingga kakak berharap kalian akan menjadi generasi penerus Saka Bina Sosial yang akan terus menjalankan aktivitas kegiatan. Insya Allah Dinas akan selalu mendukung bentuk dan aktivitas kegiatan yang akan kalian laksanakan,” kata Ady.

Sementara itu Pamong Saka Kak Sri Mulyati, S.Sos mengaku bangga bahwa dinasnya bisa menjadi sarana kegiatan pembentuka watak dan karakter bagi salon anggota Saka Bina Saka Bina Sosial.

“Saya sangat bangga dan berbahagia, karena kalian telah berproses tuntas hingga menjadi anggota. Selama setahun sejak bulan April 2018 lalu, anda telah menunjukan dedikasi dan loyalitas dan memperoleh syarat kecakapan khusus, sehingga hari ini telah sah dan resmi di lantik sebagai Anggota Saka Bina Sosial. Saya ucapkan selamat dan terus mengabdi menjadi petugas sosial melalui Gerakan Pramuka,” kata Kak Sri Mulyati.

Dewan Saka Bina Sosial Fadhilah Nur Febrianto sebelum pelantikan, calon anggota melakukan berbagai kegiatan sosial Sabtu-Minggu (18-19/5/2019) dengan berbagai unsur relawan seperti Pramuka Peduli, Tagana dan dewan ambalan.

Kegiatan pelantikan diakkiri dengan upacara adat berupa penyiraman bunga dan penyematan tanda anggota Saka Bina Sosial oleh Instruktur Saka Kak Ari Pringgo Aji, S.Si.

Satuan Karya Bina Sosial ini merupakan salah satu dari belasan satuan karya yang ada di Kwartir Cabang Banyumas. Secara kelembagaan saka ini dikukuhkan oleh Kwartir cabang Banyumas melalui Surat Keputusan Kwartir Cabang Banyumas Nomor 33 Tahun 2013 tentang Pengukuhan Satuan Karya Bina Sosial.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top