You are here
Home > Berita Cabang > ADAT DI BINMENTRA VIII SWK KODIM 0826 PAMEKASAN. KETUA DEWAN : “INI SATU – SATUNYA DI PAMEKASAN”

ADAT DI BINMENTRA VIII SWK KODIM 0826 PAMEKASAN. KETUA DEWAN : “INI SATU – SATUNYA DI PAMEKASAN”

PRAMUKANEWS | Bina mental dan tradisi (selanjutnya disingkat Binmentra) merupakan salah satu kegiatan rutin Saka Wira Kartika Kwarcab Pamekasan Kodim 0826 Pamekasan yang ditujukan untuk pembentukan kesadaran akan bela negara, segi wawasan kebangsaan dan etika kedisiplinan.

Serupa dengan pelantikan anggota baru, namun dikemas dalam bentuk dan label berbeda, kegiatannya pun juga bisa dibilang lebih khas daripada kegiatan pelantikan anggota baru pada umumnya.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari sejak jum’at (26/04) dan terlaksana di Markas Kodim 0826 Pamekasan ini berisi serangkaian kegiatan pendidikan yang berkualitas seperti Wawasan kebangsaan dr Pasiter (Pinsaka), Navrat, Survival, Pionering, Penbenca, dan masih banyak lagi lainnya. Panitia juga mendatangkan para tokoh tokoh yang sudah sukses baik dalam Satuan karya mereka maupun diluar Satuan Karya. Hal ini digunakan untuk memotivasi para peserta yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Bahkan tak hanya itu, Pembinaan mental kepada 40 peserta yang mengikuti kegiatan tersebut juga diimplementasikan melalui praktik navigasi darat serta simulasi penyamaran dan mengendap endap.

Kak Haikal selaku Ketua Dewan Saka Wira Kartika Kodim 0826 Kwarcab Pamekasan menjelaskan juga bahwa di akhir kegiatan Binmentra juga diadakan semacam adat khas SWK Pamekasan. “Jadi kak, nanti di akhir kegiatan kami datangkan orang tua peserta tanpa sepengetahuan peserta, para orang tua akan menyematkan langsung Badge Saka Wirakartika sekaligus melakukan Pembaretan pada peserta terlantik dan diakhiri dengan prosesi adat saka Wirakartika. Di pamekasan tidak ada yang seperti ini kak, hanya di Wira Kartika Pamekasan saja” tutur Kak Haikal.

Hasil dari Binmentra VIII ini adalah berhasil terbentuknya sekitar 40 kader baru Saka Wira Kartika Kodim 0826 Kwarcab Pamekasan yang siap mengabdi untuk bangsa dan negara melalui Satuan Karya.

 

Jurnalis :

R. Ichwani Iqbal A. Y. – 18068

Top