You are here
Home > Berita Gudep > PERINTISAN GLADI TANGGUH UGARDA PERTAMA RACANA SUBIADINATA

PERINTISAN GLADI TANGGUH UGARDA PERTAMA RACANA SUBIADINATA

 PRAMUKANEWS | Semarang – Racana Subiadinata Universitas PGRI Semarang menyelenggarakan kegiatan kader pertama di Unit Garuda Muda (UGARDA) tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 5 hari dengan 2 tahapan yaitu tahap 1 pada tanggal 30-31 Maret 2019 lebih fokus kepada materi dan tahap 2 tanggal 5-7 April 2019 kepada Praktek. Gladi Tangguh digelar di kampus Universitas PGRI Semarang dan Bumi Perkemahan Jatirejo yang dibuka oleh Kak Rahmad Sudrajat,S.Pd., M.Pd.

“ Ini merupakan tahapan awal perintisan pertama UGARDA untuk membentuk Pramuka Pandega yang tangguh, siap dan kuat. Harapannya melalui kegiatan ini mampu memberikan gebrakan Pramuka yang kreatif.” Ucap beliau dalam amanat pembukaannya.

Selaku ketua sangga kerja sekaligus ketua UGARDA Kak Muhammad Iqbal Baramuli menuturkan bahwa perintisan ini merupakan awal pertama berdiri dan disahkan pada tanggal 2 Desember 2018 pada MUSPPANDEGA ke 32.

“ Peserta berjumlah 7 orang yang terdiri dari 2 putra dan 5 putri dikarenakan penyeleksian dan penguduran diri dari peserta. 7 peserta tersebut merasa tertantang dan ingin lebih kenal tentang sejarah UGARDA. Kegiatan ini mendatangkan materi pihak kampus Universitas PGRI Semarang, Andalan KWARDA Jawa Tengah, Pelatih Pusdiklat Kota Semarang dan Ubaloka Kota Semarang dengan mengisi materi tentang keprotokolan dan SAR.” Ujarnya.
Perintisan awal ini merupakan peleburan dari ketiga bidang yang ada di Racana Subiadinata Universitas PGRI semarang yaitu PASKIBRA, TEKPRAM dan SAR&OR atas persetujuan dari purna dewan ketiga bidang tersebut, pembina, dewan racana masa bakti 2017/2018 dan disahkan saat MUSPPANDEGA ke 32 tahun 2018.

” Setelah kegiatan ini, anggota UGARDA tetap konsisten, menunjukkan potensinya baik diinternal atau eksternal dan menarik bahwa kegiatan Pramuka itu menyenangkan. Harapan ke depan untuk tahun selanjutnya kader penerus semakin banyak dan mengembangkan UGARDA lebih baik lagi.” Ujar Kak Triyoso selaku Ketua Dewan Racana Subiadinata Universitas PGRI Semarang.
(IRMA RISTANTINA LUTHVIYANI – 18024 | EDITOR : NOVITA DWI LESTARI – 18080)

Top