You are here
Home > Berita Gudep > Racana Soedirman Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama

Racana Soedirman Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama

PRAMUKANEWS.COM | Purwokerto : Racana Soedirman Gelar Pelatihan Pertolongan Pertama

Racana Soedirman, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melaksanakan kegiatan pelatihan pertolongan pertama Sabtu (4/5/2019) di Gedung D Fakultas Pertanian Unsoed. Kegiatan diikuti 50 pramuka penegak dan pandega yang berasal dari racana, ambalan, saka serta dewan kerja ranting yang ada di Banyumas.

Ketua Dewan Racana Soedirman Fendi Trigono mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Pramuka Peduli Racana Soedirman di tahun 2019 yang bertujuan untuk membekali ilmu tentang pertolongan pertama kepada penegak dan pandega supaya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Para peserta tujuan mendapatkan materi dan praktek mengenai cara pembalutan dan pembidaian, penanganan keracunan dan gigitan binatang, serta bantuan hidup dasar serta resusitasi jantung paru yang disampaikan oleh beberapa pemateri dari dosen Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan dari PMI Banyumas,” katanya

Sementara Ketua Panitia Amarul Fariz mengatakan bahwa kegiatan pelatihan diikuti 50 peserta yang berasal dari racana, ambalan, saka serta dewan kerja ranting yang ada di Banyumas.

“Pelatihan ini diikuti dengan antusias yang tinggi dari para peserta mulai dari upacara pembukaan, kegiatan pretest, penyampaian materi, post test, RTL hingga pengumuman peserta terbaik di upacara penutupan dilaksanakan”, tambahnya.

Diakhir kegiatan seluruh peserta diberikan rencana tindak lanjutnya oleh tim Instruktur Muda Racana Soedirman sebagai syarat kelulusan mengikuti kegiatan pelatihan yaitu setiap peserta harus menyampaikan materi serta mempratkikan materi yang didapatkan kepada masyarakat sebagai bentuk pengaplikasian pelatihan tersebut.

Deden Suhendi salah satu peserta dari Saka Bakti Husada Baturraden menyampaikan bahwa pelatihan pertolongan pertama ini merupakan pelatihan yang menarik karena jarang dilakukan oleh racana maupun ambalan.

“Semoga dengan pelatihan ini pramuka Penegak dan Pandega dapat mengaplikasikan ilmunya dalam berkegiatan di pangkalan masing masing”, ungkapnya.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

 

Top