You are here
Home > Berita Gudep > SMP NEGERI 1 WANGON MENGIKUTI KEGIATAN LT 1

SMP NEGERI 1 WANGON MENGIKUTI KEGIATAN LT 1

PRAMUKANEWS | Regu Inti Pramuka Penggalang SMP Negeri 1 Wangon 17.0561 – 17.0562 telah melaksanakan Lomba Tingkat (LT) 1 yang diperuntukkan secara wajib bagi anggota pramuka penggalang kelas VII di pangkalan. Kegiatan ini merupakan program kerja yang rutin diadakan setiap tahunnya dan sudah memasuki tahun ketujuh sejak pertamakali kegiatan serupa diadakan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kepramukaan bagi peserta dengan mengusung tema “Disiplin Mandiri Ceria” yang sesuai dengan karakter yang harusnya dimiliki oleh seorang pramuka.

Kegiatan berlangsung selama dua hari satu malam yang bertempat di Goa Lawa, Desa Siwarak, Kabupaten Purbalingga (27-28/04/2019). Peserta diberangkatkan dari sekolah menuju lokasi perkemahan sekitar pukul 07.00 WIB. Sesampainya di lokasi, peserta membereskan barang-barangnya dan memasukkannya ke dalam tenda yang sudah ditentukan oleh panitia sebelumnya. Kegiatan dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dibuka oleh Wakil Mabigus, Kak Sutrisno, S.Pd. dan kemudian peserta diarahkan untuk mengikuti mata lomba pada hari yang pertama yang meliputi Lomba Materi Semboya : semaphore, morse bendera, morse peluit, sandi, Penjelajahan : KIM, PUPK, menaksir lebar, menaksir tinggi, peta panorama, dilanjutkan pentas seni.Sedangkan mata lomba yang diadakan pada hari kedua berupa Lomba Materi Mental/Patriotisme & Ketangkasan: PBB tongkat, kolone tongkat, yel-yel regu, P3K (dragbar), dan halang rintang.

Tidak hanya mengikuti mata lomba saja, peserta juga diedukasi dengan mengunjungi wisata yang ada di sekitar perkemahan seperti wisata Goa Lawa, Kebun Nanas, dan Mini Zoo. “Kegiatan ini cukup menarik. Dengan adanya kegiatan bertema disiplin, mandiri, dan ceria ini, peserta diharapkan dapat menerapkan nilai tersebut. Namun sayangnya pada hari terakhir, perkemahan diguyur hujan yang cukup deras dan menyebabkan upacara penutup ditiadakan.” Ujar Bima, perwakilan panitia kegiatan tersebut.

Meski cuaca kurang mendukung, tidak mematahkan semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan ini sehingga dapat berlangsung dengan lancar dan sukses. Di akhir kegiatan, dengan memiliki skor terbanyak, gabungan regu putra dan putri penggalang kelas VII B mampu menempati posisi juara umum pada kegiatan LT 1 tahun ini. (SILVIA DWI PRATIWI – 18083 | EDITOR : DESTI FITRI ANGGRAENI : 18051)

Top