You are here
Home > Berita Ranting > PERINGATI HARI BUMI, DKR BANYUMAS TANAM POHON MANGROVE

PERINGATI HARI BUMI, DKR BANYUMAS TANAM POHON MANGROVE

PRAMUKANEWS | Dalam memperingati Hari Bumi tahun 2019, DKR Banyumas adakan kegiatan Peringatan Hari Bumi yang bertema “Save Our Earth, Save Our Heart” yang dilaksanakan pada 20 – 21 April 2019 bertempat di Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama DKR Banyumas dengan Siswa Pecinta Alam (SPALA) SMAN 1 Banyumas. Kegiatan inti yang dilaksanakan yaitu berupa penanaman pohon mangrove sebanyak 200 bibit. Adapun kegiatan peserta seperti jumpa tokoh oleh Kepala Desa Jetis yang merupakan tokoh pelestari lingkungan dan pemberdayaan masyarakat jetis, malam Adi Karya Bakti (malam keakraban), susur pantai yang dikemas dengan membersihkan area Pantai Bungso, Seminar Lingkungan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini diikuti oleh pramuka penegak dan pecinta alam dari wilayah Kabupaten Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, dan Brebes.

Acara pada hari pertama berupa rangkaian kegiatan Opening Ceremony, Jumpa Tokoh, dan Malam Adikarya Bakti. Dibuka oleh Kepala Desa Jetis H. Muharno S.E. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan banyak terimakasih kepada panitia dan peserta yang sudah berkenan melaksanakan kegiatan di Desa Jetis dan juga memperkenalkan desa wisata yang ada di Jetis.

Kak Attha Febriawan selaku ketua panitia kegiatan mengatakan bahwa “Terdapat 200 bibit mangrove didapat dari kepala desa Jetis, diadakannya penanaman mangrove bertujuan untuk mengurangi abrasi pantai.”

Kemudian pada hari berikutnya (21/04) dilanjutkan kegiatan seminar lingkungan hidup oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap yang menyampaikan beberapa materi tentang sejarah kata mangrove, daun mangrove dan manfaat penanaman mangrove.

“Kegiatan Peringatan Hari Bumi Kwartir Ranting Banyumas 2019 merupakan acara yang sangat keren, asik, bermanfaat dan selain itu juga sangat menambah wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana cara menanam mangrove & padi” ujar salah satu peserta, Andini (SMAN 1 Cilacap).

Setelah acara tanam mangrove selesai, kegiatan dilanjut oleh Kak Sugiman yang menyampaikan sambutan penutup yang berisi tentang pentingnya menjaga lingkungan dan juga mengajak kaum milenial untuk senantiasa menjaga bumi kita ini. (SILVIA DWI PRATIWI – 18063 | EDITOR : DESTI FITRI ANGGRAENI – 18051)

Top