You are here
Home > Berita Daerah > RAKERKESDA PROVINSI DKI JAKARTA

RAKERKESDA PROVINSI DKI JAKARTA

PRAMUKANEWS | RAKERKESDA PROVINSI DKI JAKARTA TAHUN 2019 yang diselenggarakan langsung oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 09 – 11 April 2019 ini dibuka langsung oleh bapak Anies Rasyid Baswedan di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan. ( 09/04 ). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kolaborasi lintas program dan lintas sektor dalam pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta di DKI Jakarta.

 

Dalam kegiatan ini ada inovasi yang unik dari wilayah Jakarta Timur khususnya Puskesmas Kecamatan Pulogadung yaitu Kendaraan Antar Jemput Pelayanan TBC Imut & Lincah (KANCIL PULOGADUNG). KANCIL PULOGADUNG adalah inovasi yang dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah pasien TBC di wilayah tersebut dengan status ekonomi rendah (sekitar 70%) dan memiliki akses keterbatasan menuju Puskesmas  Kecamatan Pulogadung.

 

“Latar belakang dari terwujud nya KANCIL itu sendiri dikarenakan Puskesmas Kecamatan Pulogadung memiliki  program di pembentukan KANCIL ( Kadar Kecil ) TB siswa sekolah namanya, sehingga Kepala Puskesmas Pulogadung menyarankan atau memberikan ide dan gagasan untuk membuat program TB memiliki KANCIL yang disesuaikan dengan kebutuhan pada pelayanan program TB di Puskesmas Pulogadung, sehingga terwujudnya KANCIL PULOGADUNG (Kendaraan Antar Jemput Pelayanan TBC Imut & Lincah).” ujar Kak Cici Amelia selaku Koordinator Program TB PKC Pulogadung.

 

Melalui KANCIL TB diharapkan dapat memfasilitasi akses pasien TB ke fasilitas kesehatan khususnya pasien dengan keterbatasan ekonomi sehingga menurunkan angka DO ( mangkir obat ) dan mendukung Eliminasi TB 2030 dan terwujudnya Indonesia Bebas TB 2030. (M. FAHRIZAL IRVANI – 18063 | EDITOR : R. ICHWANI IQBAL A. Y. – 18068)

Top