You are here
Home > Berita Daerah > SMKN 1 PAYAKUMBUH SUKSES ADAKAN LOMBA FESTIVAL GALANG SCAMPONE PERDANA

SMKN 1 PAYAKUMBUH SUKSES ADAKAN LOMBA FESTIVAL GALANG SCAMPONE PERDANA

PRAMUKANEWS | Gerakan Pramuka Gugus Depan Pramuka 01.013 – 01.014 SMKN 1 Payakumbuh sukses adakan lomba Festival Galang Scampone atau disingkat dengan Fegas One untuk yang pertama kalinya. Lomba fegas One mengangkat tema “Ceria,Kreatif dan Berwawasan”.

Lomba ini diadakan dari tanggal 28 Februari – 03 Maret 2019 di Bumi Perkemahan Ampangan, kabupaten Lima Puluh Kota, provinsi Sumatera Barat.

Lomba ini adalah ajang bagi Pramuka Penggalang se-provinsi Sumatra Barat dengan tujuan untuk meningkatkan SDM yang berkualitas, terampil dan tangguh serta menumbuhkan segenap potensi, minat dan bakat anggota Pramuka khususnya Pramuka Penggalang dalam memicu kreativitas, bersifat menarik, menantang dan edukatif.

Peserta Fegasone yaitu terdiri dari 20 orang per kontingen. Jumlah kontigen yang mengikuti lomba Fegasone adalah sebanyak 7 kontingen yang berasal dari Kota Payakumbuh dan Kabupaten Lima Puluh Kota.Peserta juga harus didampingi oleh 2 orang Pembina Pendamping.

Ada 8 mata lomba yang diperlomabakan dalam Fegas one ini,yaitu PBB Bertongkat,Pionering,Scampone Warrior (Halang Rintang) , We Are Number One,Hunting Game,KIM (Kemampuan Indra Manusia) ,Fun Cooking dan Pentas Seni.

Pada hari pertama (28/02) yaitu kedatangan para peserta , registrasi ulang dan dilanjutkan pada malam harinya dengan lomba We Are Number One. Peserta We Are Number one adalah 10 orang 5 putra 5 putri, Lomba We Are Number One berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir.

Pada hari Jumat pagi (01/03) diadakan Upacara Pembukaan Kegiatan yang dibuka langsung oleh Ka Mabigus SMKN 1 Payakumbuh, Kak Yunita Rosanti M.pd.
Beliau berpesan kepada adik-adik pramuka Penggalang agar berlomba dengan sportif,karena dalam kegiatan ini yang dicari semata mata hanya ilmu dan piala merupakan nilai tambah dari suatu pencapaian.

Sumber Ike Beni Anwar
Sumber Ike Beni Anwar

Setelah Upacara Pembukaan Kegiatan dilanjutkan dengan Lomba Fun Cooking dan Pionering. Untuk Fun Cooking diikuti oleh 3 orang peserta dan untuk lomba pionering yaitu 8 orang peserta.Lomba Fun Cooking dan Pionering diadakan serentak dengan waktu 120 menit.

Sumber Ike Beni Anwar

Setelah lomba fun cooking dan pionering selesai dilaksanakan, Sangga Kerja langsung melakanakan lomba Scampone Warrior Dan Halang Rintang setelah sholat Jum’at. Kedua lomba ini juga diadakan serentak dengan mengutus 5 orang peserta untuk lomba Scampone Warrior dan 10 Orang peserta untuk lomba Hunting Game.

Pada hari Sabtu (02/03) diadakan lomba PBB bertongkat , KIM ,Grand Final We Are Number One dan Pentas Seni. Untuk lomba PBB bertongkat diadakan pagi hari sekitar pukul 8.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dan setelah itu dilanjutkan dengan lomba KIM pada pukul 14.00 – 15.00 WIB. Sementara menunggu sholat Ashar, Para peserta Fegas One diajak untuk mengikuti pembinaan Penangkaran Binatang Buas. Setelah Sholat ashar dilanjutkan dengan Grand Final We Are Number One.Pada Malam harinya diadakan lomba Pentas Seni.

Setelah semua mata lomba selesai diperlombakan,pada hari minggu (03/03) langsung diadakan upacara Penutupan kegiatan oleh Wakil Kesiswaan SMKN 1 Payakumbuh, Kak Reita Farah S.pd. Setelah upacara penutupan kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman para pemuncak-pemuncak dari lomba yang telah diadakan,Para peserta sangat berantusias menunggu siapa saja yang berhasil dalam lomba yang diikutinya.

Sumber Ike Beni Anwar

(fadhila santika-18004 | Editor : Lukman Arisandi – 18044)

Top