You are here
Home > Berita Daerah > Inginkan Pramuka Sebagai Kantor Berita

Inginkan Pramuka Sebagai Kantor Berita

PRAMUKANEWS.COM | Semarang : Inginkan Pramuka Sebagai Kantor Berita

Seiring kemajuan teknologi dan informasi, setiap orang dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi dari berbagai sumber. Karenanya, Gerakan Pramuka Daerah Jateng diharapkan sebagai Kantor Berita, atau menjadi sarana menyebarkan berbagai informasi positif, membangun, dan membanggakan.

Harapan itu disampaikan Ketua Kwartir Daerah Jawa Tengah Siti Atikoh Ganjar Pranowo saat memberi sambutan pada pelantikan Majelis Pembimbing Daerah, Pengurus Kwartir Daerah dan Dewan Kerja Daerah Gerakan Pramuka Jateng masa bakti 2018-2023, di Gedung Gradhika Bakti Praja, Selasa (5/3/2019).

Hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Kwartir Nasional Budi Waseso, Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jateng, Wakil Gubernur Jateng yang sekaligus dilantik sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Daerah H Taj Yasin Maimoen, Sekda Jateng Dr Ir Sri Puryono KS MP dilantik sebagai Sekretaris Umum Majelis Pembimbing Daerah, serta sejumlah pejabat lainnya.

“Sekarang ini harapannya adalah Pramuka sekaligus sebagai kantor berita. Jangan penuhi sosial media dengan berita-berita negatif, melainkan harus banjiri dengan berbagai informasi positif,” ujarnya.

Dengan iklim dan perkembangan dunia yang sangat dinamis ini, imbuh Atikoh, Pramuka diharapkan bisa melakukan perubahan-perubahan melalui inovasi dengan tidak menghilangkan gerakan dasarnya. Pramuka dituntut kreatif dan bisa diterima oleh generasi muda.

“Pramuka harus mengikuti perkembangan zaman, menjadi garda terdepan dalam membentuk karakter bangsa. Mulai dari siaga sampai penggalang, penegak, dan pandega,” pintanya.

Dengan beragam informasi positif atas berbagai kegiatan kepramukaan, dapat memberikan dan menyebarkan virus positif kepada generasi muda. Pramuka juga bisa berkontribusi secara langsung terhadap masyarakat, termasuk memberikan solusi atas bermacam persoalan yang ada di masyarakat.

“Ini nanti kita dorong lebih luas. Seperti permasalahan sampah dengan bagaimana memberikan pengaruh terhadap lingkungan dan masyarakat agar mereka selalu menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Sementara itu, terkait Rumah Pangan Lestari, harapannya Pramuka menjadi garda terdepan dalam menjaga ketahanan pangan Indonesia. Bahkan Kwarda Jateng menginisiasi Saka Ketahanan Pangan yang bekerjasama dengan Balai POM.

Senada disampaikan Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP, zaman dan peradaban sudah berubah, maka Pramuka pun harus mengikuti peradaban. Terlebih tantangan bangsa saat ini sangat kompleks dan mencakup berbagai lini kehidupan, baik ideologi, ekonomi, sosial, maupun budaya.

“Saya minta seluruh Pramuka di Jateng aktif menginformasikan kegiatan di hari itu. Tidak hanya kegiatan diri sendiri tetapi juga apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya yang positif positif dan bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Selain itu menginformasikan dan menyosialisasikan berbagai hal yang masyarakat harus tahu. Seperti tentang kampanye hidup sehat, menyiarkan bagaimana menangkal ide-ide radikal, ide yang mendorong anak-anak terpancing mencoba narkoba, seks bebas, dan pornografi.

“Kita ikut mewarnai cerita-cerita di Kwarda Jateng. Informasi yang menyenangkan dan membanggakan. Tampilkan fakta dan optimisme generasi muda, karena ini yang mampu membentuk katakter bangsa,” pungkasnya.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top