You are here
Home > Berita Gudep > Dewan Ambalan SMK Citra Bangsa Mandiri Berlatih Jurnalistik

Dewan Ambalan SMK Citra Bangsa Mandiri Berlatih Jurnalistik

PRAMUKANEWS.COM | Purwokerto : Dewan Ambalan SMK Citra Bangsa Mandiri Berlatih Jurnalistik

 

Dewan Ambalan Ibnu Sina Siti Rufaidah Pangkalan SMK Citra Bangsa Mandiri (CBM) Purwokerto pelatihan Jurnalistik, Kamis (28/2) di Gedung olahraga sekolah setempat. Kegiatan diikuti oleh 34 Dewan Ambalan yang baru saja dilantik oleh Mabigus SR Widiarti, S.Pi, S.Km

Pembina Pramuka Saefudin, S.Pd.I mengatakan setiap Pramuka adalah sumber berita, maka selayaknya Pramuka penegak yang menjadi dewan ambalan belajar ilmu jurnalistik. Dengan Ilmu jurnalistik mereka dapat mempublikasikan kegiatan yang dilaksanakan melalui berbagai media baik media sosial, media online, cetak maupun elektronik.

Saefudin menambahkan materi yang diberikan yaitu teknik penulisan berita. Ilmu tersebut menurutnya sebagai elemen yang tak terpisahkan dari aktivitas jurnalistik untuk mendukung penyampaian informasi dalam bentuk berita.

“Kami menghadirkan pembicara dari Humas Kwarcab Banyumas, Kak Parsito, yang sudah terbukti dapat mengelola humas Kwarcab dengan baik,” kata Saefudin

Dalam penyampaian materi Parsito mengatakan bahwa media mempunyai kekuatan seperti mengubah cacing terlihat seperti naga. Artinya peristiwa kecil ketika masuk media semua orang dapat mengetahuinya.

Parsito menjelaskan unsur berita yang utama adalah 5 w + 1 h. Seorang penulis harus mampu dan mencari informasi suatu peristiwa dengan bertanya kepada narasumber.

“Setelah mendapatkan data itu, tinggal menulis dan menggabungkan. Ingat penulis tidak boleh beropini sendiri,” pesanya.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top