You are here
Home > Berita Nasional > Pramuka Ma’arif Banyumas Raih Delapan Penghargaan Pergamanas II Cibubur

Pramuka Ma’arif Banyumas Raih Delapan Penghargaan Pergamanas II Cibubur

PRAMUKANEWS.COM | Banyumas : Pramuka Ma’arif Banyumas Raih Delapan Penghargaan Pergamanas II Cibubur

Kontingen Pramuka Penggalang Ma’arif NU Kabupaten Banyumas berhasil meraih delapan penghargaan pada ajang Perkemahan Pramuka Penggalang Ma’arif Nasional (Pergamanas) II di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur (19-23/2).

Penghargaan yang telah diraih Penggalang Putra yaitu Juara I Pembina Terbaik Putra, Juara I K3 Pertendaan (Tingkat Jawa Tengah), Juara Harapan I Olimpiade Aswaja dan Juara Harapan III Tapak Kemah.

Sementara untuk Penggalang Putri meraih Juara I Olimpiade Aswaja, Juara II Pembina Terbaik Putri, Juara II Tapak Kemah, Juara III K3 Pertendaan (Tingkat Jawa Tengah).

Pembina Pendamping Putri MTs Ma’arif NU 1 Cilongok, Lulu Indah Nurani menyampaikan anak didiknya telah berjuang untuk memberikan yang terbaik.

“Hasil kejuaraan ini sudah sangat membanggakan, terpenting mereka mendapatkan pengalaman untuk dikembangkan di pangkalan,” katanya saat dihubungi lewat handphone di sela-sela pembongkaran tenda kontingen, Minggu (24/2) pagi.

Lulu mengatakan, kompetisi antar peserta sangat ketat dan dinamis. Masing-masing kontingen memiliki persiapan yang matang. Hal itu terlihat pada antusiasme peserta dalam setiap mengikuti mata lomba.

“Prestasi ini semua hasil jerih payah anak-anak yang telah berlatih baik secara mental maupun materi. Meski bukan tujuan, namun lomba sebagai alat motivasi pengembangan pembinaan Pramuka di Gugusdepan,” paparnya.

Pembina Pendamping Putra MTs Ma’arif NU 2 Cilongok, Agus Priyanto menjelaskan kontingen Putra telah berupaya maksimal, hasil kejuaraan ini menjadi torehan sejarah bagi anak-anak.

“Kontingen Putra tetap bangga dengan hasil ini, kami pulang dapat memberikan persembahan yang terbaik bagi masyarakat Banyumas,” terangnya.

Agus menambahkan, lomba bukan tujuan utama, namun sebagai stimulan bagi pembinaan anak-anak di lapangan.

“Prestasi ini sebagai motivasi untuk terus berkarya dan sarana evaluasi pembinaan bagi Sako Pramuka Ma’arif NU Banyumas,” tegasnya.

Terpisah, Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Fauzi mengapresiasi dan bangga atas torehan prestasi Pramuka Ma’arif Banyumas.

“Pencapaian ini berkat kerjasama tim kontingen yang solid. Pembina dan pendukung yang selalu mengawal anak-anak hingga meraih prestasi terbaik,” pujinya.

Fauzi berharap dengan perolehan prestasi ini menjadi sarana evaluasi dan pengembangan pembinaan pada Gugusdepan di lingkungan Ma’arif dan Sako Pramuka Ma’arif NU Banyumas.

“Prestasi ini patut dicontoh oleh sekolah atau madrasah lain sebagai parameter pembinaan Pramuka pada satuan pendidikan dibawah LP Ma’arif NU agar semakin maju melalui jalur kepramukaan,” pungkasnya.

Jurnalis : Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top