You are here
Home > Berita Ranting > 700 Pramuka Siaga Dukuhwaru Beradu Ketangkasan

700 Pramuka Siaga Dukuhwaru Beradu Ketangkasan

PRAMUKANEWS.COM, SLAWI – Sebanyak 700 Pramuka Siaga dari pangkalan Gudep SD/MI se Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Dukuhwaru Kabupaten Tegal beradu ketangkasan dalam Pesta Siaga tingkat Kecamatan yang digelar dilapangan Kecamatan Dukuhwaru, Sabtu (16/2/2019).

 

Kepala UPTD Pendidikan dan Kebudayan Kecamatan Dukuhwaru Wardi mengatakan,  pesta siaga merupakan kegiatan bagi peserta didik bagi golongan siaga atau usia 7 sampai 10 tahun. “Kata ‘Pesta’ bukanlah berhura-hura yang tak bermakna. Namun merupakan istilah nama kegiatan bagi Pramuka Siaga untuk saling bertemu, berkenalan dan saling berbagi dalam wilayah Kwartir Ranting Dukuhwaru,” ujarnya saat pembukaan.

 

Menurutnya, pesta siaga merupakan wahana untuk menggali potensi peserta didik Usia Siaga, untuk menanamkan rasa peduli dan cinta tanah air Indonesia serta mencetak generasi emas masa depan.

 

“Anak-anak kita ini diharapkan nanti akan menjadi generasi emas, generasi penerus perjuangan dan pada tahun 2045 kelak akan menjadi pemimpin bangsa dan negeri. Maka kegiatan pesta siaga ini adalah bagian dari proses pembekalan untuk melatih diri menjadi manusia yang baik prilaku dan budi pekertinya,” tandasnya.

 

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong dan pelepasan balon warna warni oleh Kepala UPTD Dikbud Wardi selaku Wakil Ketua Mabiran dan didampingi anggota Mabiran, Ketua Kwarran Dukuhwaru Wasroh

 

Ketua Panitia Pesta Siaga, Nurchikmah menjelaskan, kegiatan Pesta Siaga merupakan kegiatan tahunan Kwartir Ranting guna menjaring barung tergiat putra dan putri untuk menjadi wakil Kwarran Dukuhwaru di tingkat Kwartir Cabang Tegal.

 

“Pesta Siaga diikuti 700 Pramuka siaga yang terdiri 35 barung putra dan 35 barung putri dari pangkalan SD/MI se-Kecamatan Dukuhwaru,” jelasnya.

 

Nurchikmah menambahkan, pesta siaga yang mengusung tema Gembira, Kreatif dan Bersahabat diisi dengan perlombaan yang diwujudkan dalam 11 Taman Kegiatan yakni Taman Taqwa Kepada Tuhan, Taman Rangking Satu Siaga Gembira, Taman Pengamatan dan Daya Ingat, Taman Tanda Pengenal Seragam Pramuka, Taman Scouting Skill, Taman Baris Berbaris, Taman Memanah, Taman Basket Mini, Taman Pentas Seni Budaya, Taman Jawa Tengahku Hebat dan Taman Bumbung Kemanusiaan.

 

“Barung tergiat 1 putra dan putri berhak mengikuti Pesta Siaga tingkat Kwarcab Tegal pada 24 Februari 2019 mendatang di halaman Pemkab Tegal,” pungkasnya. (CJ1128)

Top