You are here
Home > Berita Gudep > Calon Dewan Ambalan SMK Wiworotomo Digembleng

Calon Dewan Ambalan SMK Wiworotomo Digembleng

PRAMUKANEWS.COM | Calon Dewan Ambalan SMK Wiworotomo Digembleng

Calon Dewan Ambalan Patih Gadjah Mada dan Dewi Sartika gugus depan Banyumas 01.893-01.894 Pangkalan SMK Wiworotomo Purwokerto digembleng melalui Gladi Tangguh Perwira Utama I, Jumat-Sabtu (1-2/2/2019) di sekitar sekolah. Kegiatan melibatkan 80 anggota pramuka yang terdiri dari dewan ambalan dan calon dewan ambalan.

Kepala SMK Wiworotomo Purwokerto Drs Susilo Riyantono, MT mengatakan Gladi Tangguh Perwira Utama I digelar untuk mempersiapkan calon dewan ambalan menjadi pengurus organisasa yang handal.

“Kegiatan diikuti 80 calon dewan Ambalan dan dewan ambalan, dengan menghadirkan pemateri baik dari pembina juga dari DKC dan Kwarcab Banyumas,” katanya.

Sementara itu Pradana Dewi Sartika, Fina Agesti mengatakan kegiatan bertujuan untuk mengenalkan sebuah materi-materi pramuka penegak dan sekaligus sebagai wadah untuk membentuk sifat nasionalis dalam berorganisasi, kegiatan ini diikuti oleh anggota pramuka calon sangga inti.

“Para peserta mendapat materi-materi kepramukaan seperti leadership, sistem administrasi kwartir, tata upacara pramuka penegak, pengujian tkk wajib penegak, tata cara pembuatan buletin, serta materi Pola mekanisme bina kerja (Polmekbin) dan yang terakhir yaitu sarasehan yang kita kasih nama MPBN yaitu malam penyatu bumi nusantara,” tambahnya

Pada saat acara sarahsehan malam penyatu bumi nusantara berisi tentang perkenalan anggota dewan ambalan kepada calon dewan ambalan yang bertujuan untuk lebih mempererat tali persaudaraan antar anggota, juga pemutaran vidio perjalanan dewan ambalan.

“Pada saat pengujian 10 tanda kecakapan khusus (tkk) wajib penegak, kita mengujikan kepada para peserta itu untuk berlatih mandiri dan melatih kekompakan dalam berorganisasi, contohnya kita aplikasikan dalam pengujian tkk pendirian tenda, pengujian tkk masak, pengujian tkk P3K, pengujian tkk long march dan yang beragama Islam tkk diaplikasikan dengan pengujian membaca Al quran,” jelas Fina
Jurnalis :Tri Hidayatul Ahmad Ismail

Top