You are here
Home > Berita Cabang > LATIHAN RUTIN SAKA WIRA KARTIKA PEKALONGAN BERIKAN MATERI PRA-DIKSAR

LATIHAN RUTIN SAKA WIRA KARTIKA PEKALONGAN BERIKAN MATERI PRA-DIKSAR

PRAMUKANEWS | Satuan Karya (Saka) Wira Kartika Kwartir Cabang Kota Pekalongan dan Kwartir Cabang Kabupaten Pekalongan dibawah binaan Kodim 0710/Pekalongan menyelenggarakan latihan rutin bagi anggota baru Saka Wira Kartika Pekalongan di halaman Makodim 0710/Pekalongan (3/2/2019).

Kegiatan latihan rutin yang diselenggarakan setiap 2 minggu sekali ini masih berfokus pada persiapan bagi anggota baru saka untuk mengikuti Pendidikan Dasar Saka Wira Kartika (Diksar Perwira) Angkatan VII Tahun 2019 yang direncanakan pada bulan April 2019.

Salah satunya adalah materi manajemen perkemahan dan pengetahuan dasar survival guna mempersiapkan anggota baru untuk dapat mempersiapkan bekal diri menghadapi alam terbuka nantinya saat pelaksanaan Diksar Perwira Tahun 2019.

Instruktur Muda Saka Wira Kartika, Kak Aditya Tri Atmojo menyampaikan materi dengan metode praktik langsung yang didampingi oleh Kak M. Amal dan Kak Zidane Baihaqi dalam mengecek persiapan penugasan yang diberikan sebelumnya.

“Kami memberikan tugas bagi peserta untuk mempersiapkan bekal diri dalam perkemahan selama 3 hari. Mereka diwajibkan membawa barang bawaan dengan segala perlengkapannya dan kami mengecek perlengkapannya secara langsung.” ujar Kak Adit saat dihubungi PramukaNews.

Bagi anggota Saka Wira Kartika, pencapaian kemampuan merencanakan bekal diri merupakan hal yang wajib dipenuhi sebelum naik ke jenjang berikutnya. Hal ini dikarenakan perencanaan dan kesiapan diawal merupakan suatu kemampuan dasar dalam berkemah.

“Lebih baik kita bermandi keringat dalam latihan, dari pada berlumuran darah (ketidaksiapan) saat dilapangan.” pesan Kak Adit kepada para peserta saat menutup kegiatan.

[M. AMHAR AZET – 18053]

Top