You are here
Home > Berita Gudep > PRAMUKA MAN 3 PALEMBANG ADAKAN UJI TKK

PRAMUKA MAN 3 PALEMBANG ADAKAN UJI TKK

PRAMUKANEWS | Gugus Depan Pramuka di MAN 3 Palembang mengadakan uji dan pengambilan Tanda Kecakapan Khusus (TKK) bagi Pramuka Penegak. Pada pengambilan TKK kali ini, diikuti oleh Anggota Penegak Bantara yang duduk dikelas XI.

Pada kesempatan kali ini sebanyak 5 TKK Tingkat Purwa yang diujikan pada tanggal 12-13 Januari 2019, yaitu TKK Juru Masak, TKK Berkemah, TKK Gerak Jalan, TKK P3K, dan TKK Pengamatan.

Pengambilan TKK dilakukan di sekitaran Sanggar Pramuka MAN 3 Palembang, kecuali TKK Gerak Jalan yang dilaksanakan di luar area sekolah. Pengambilan TKK dilakukan dengan memenuhi syarat yang ada dalam Petunjuk Penyelenggaraan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) terkait. Setelah terpenuhi dari materi dan praktik, maka Pramuka Penegak berhak mengenakan TKK yang diambil, dan siap diterapkan di masyarakat sebagai bentuk pengabdian diri.

“Pengambilan TKK ini untuk menguji kemampuan khusus yg dimiliki oleh anggota Pramuka MAN 3 Palembang dan memantapkannya,” ujar Kak Alisyah yang merupakan Pradana Putri Dewan Ambalan Teuku Umar – Cut Nyiak Dien di MAN 3 Palembang.

Dalam kepramukaan, Tanda Kecakapan Khusus (TKK) adalah tanda yang diberikan kepada peserta didik sebagai bentuk apresiasi atas kemampuan seorang peserta didik dalam suatu bidang tertentu. TKK bersifat opsional bagi peserta didik, sehingga seorang peserta didik dapat memiliki TKK yang berbeda dari peserta didik lain. TKK jumlahnya saat ini mencapai puluhan, dan kemungkinan akan ditambah seiring dengan kemajuan teknologi.

“Harapan kakak, adik- adik bisa menjadi pribadi yang kreatif, inovatif, berkarakter dan memiliki kualitas di masing-masing bidang TKK yang mereka uji. Serta melatih kedisiplinan, kebersamaan dan jiwa kepemimpinan,” ujar Kak Nurholis Ihsan selaku penguji dalam pengambilan TKK Pramuka MAN 3 Palembang.

[M. ALIEF AKHSAN SYAIDA – 18034 | Editor : M. AMHAR AZET – 18053]

Top