You are here
Home > Berita Cabang > TINGKATKAN KEMAMPUAN MEMIMPIN, KWARCAB KOTA PEKALONGAN ADAKAN DIANPINRU 2019

TINGKATKAN KEMAMPUAN MEMIMPIN, KWARCAB KOTA PEKALONGAN ADAKAN DIANPINRU 2019

PRAMUKANEWS | Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan memimpin regu, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Tahun 2019 di SMP N 4 Pekalongan (20/01).

Dianpinru Kwarcab Kota Pekalongan Tahun 2019 ini diselenggarakan secara bertahap dalam bentuk latihan bersama selama 3 kali pertemuan, serta pada 1 kali pertemuan akhir dalam bentuk Gelar Senja Keterampilan Penggalang. Serta tempat kegiatan juga berganti-ganti menyesuaikan materi yang akan diberikan.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan Dianpinru 2019 ini difasilitatori oleh Forum Pramuka Garuda (FPG) Kota Pekalongan dengan bimbingan Kak Sri Daryati, S.Pd. dan Kak Slamet Suroso, M.Pd. selaku Andalan Cabang Urusan Binamuda Pramuka Penggalang Kwarcab Kota Pekalongan. Panitia pelaksana memilih bentuk kegiatan dengan latihan praktek secara praktis kepada para pemimpin regu dan wakil pemimpin regu penggalang, hal ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan peserta dalam usaha mempraktekkan sistem beregu sebagai bekal untuk mengelola dan memimpin regunya, serta membina kerjasama yang baik dalam pasukannya.

Kegiatan yang diikuti 40 Anggota Pramuka Penggalang dari Gugus Depan berpangkalan di SMP/MTs se-Kota Pekalongan ini dibuka dengan materi Upacara Pembukaan Latihan Pasukan Penggalang dengan pembina upacara adalah Kak Bambang Aprianto mewakili Ketua Kwarcab Kota Pekalongan. Dalam sambutannya, Kak Bambang Aprianto berharap kegiatan Dianpinru dapat menjadikan ajang silaturahmi dan meningkatkan kemampuan praktik Pramuka Penggalang sebagai bekal dalam memasuki tahap selanjutnya. Sehingga di Penegak dan Pandega, setiap anggota Pramuka mendapatkan jenjang pendidikan kepramukaan yang sesuai porsinya.

“Kakak harap, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan meningkatkan kemampuan praktik Pramuka Penggalang sebagai bekal dalam memasuki tahap selanjutnya. Sehingga ketika kelak memasuki masa golongan Penegak dan Pandega, setiap anggota Pramuka mendapatkan jenjang pendidikan kepramukaan yang sesuai porsinya”, pesan Kak Bambang Aprianto.

Selain itu, Kak Aditya Tri Atmojo selaku Koordinator Forum Pramuka Garuda (FPG) Kota Pekalongan disela-sela kegiatan saat dihubungi PramukaNews menyampaikan bahwa kegiatan Dianpinru ini mengusung tema “Pramuka Penggalang yang berkarakter, bergembira dan siap menjadi Pramuka Garuda”. Sehingga diharapkan bekal materi yang telah disampaikan dapat menjadikan Pramuka Penggalang dapat lebih berkarakter, serta bergembira dalam berpramuka, dan siap untuk terus meningkatkan kecakapannya hingga mencapai Pramuka Garuda.

Serta Ketua Panitia Pelaksana Dianpinru Kwarcab Kota Pekalongan Tahun 2019, Kak Nailah Karima N. yang juga sebagai Pramuka Penegak Garuda di SMA N 1 Pekalongan menyampaikan bahwa kegiatan Dianpinru merupakan kegiatan untuk saling asuh antara Kakak-Kakak Penegak dan Adik-Adik Pramuka Penggalang. Sehingga panitia pelaksana juga dapat meningkatkan kemampuannya dalam usaha membina diri dan membina satuan di golongan penggalang.

Program Kwarcab Kota Pekalongan dengan Forum Pramuka Garuda (FPG) Kota Pekalongan Tahun 2019 ini menargetkan 50 peserta dari unsur Pramuka Penggalang untuk mengikuti Penilaian Pramuka Garuda Kwarcab Kota Pekalongan Tahun 2019. Sehingga Dianpinru ini sebagai bekal mempersiapkan calon-calon Pramuka Penggalang yang berkualitas.

[M. AMHAR AZET | 18053]

Top